UU Pemuda

Bookmark and Share
UU Kepemudaan adalah Nomor 40 tahun 2009 dapat diunduh dengan klik di sini.
UU ini mulai berlaku pada tanggal disahkan yakni 14 Oktober 2009. UU 40/2009 diumumkan pada Lembaran Negara tahun 2009 nomor 148.

Dalam proses pembangunan bangsa, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yangstrategis dalam pembangunan nasional. Untuk itu, tanggung jawab danperan strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan dalam kerangka hukum nasional sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan, kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, keadilan, partisipatif, kebersamaan, kesetaraan, dan kemandirian,

Undang-Undang ini dimaksudkan untuk memperkuat posisi
dan kesempatan kepada setiap warga negara yang berusia  16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun untuk mengembangkan potensi, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-citanya. Di samping itu,Undang-Undang ini memberikan jaminan perlindungan dan kepastian hukumatas eksistensi serta aktivitas kepemudaan. Undang-Undang ini juga  memberikan kepastian hukum bagi Pemerintah dan pemerintah daerah untuk mengintegrasikan program pelayanan kepemudaan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment