Profil Gaya Bekerja

Bookmark and Share
Tipe atau watak gaya bekerja seseorang ada Si Pengamat, Si Pemikir. Si Pekerja, Si Perasa. Berikut ganbaran kepribadian keempat tipe kerja tersebut.

Si Perasa 
Adalah orang yang sangat “people-oriented”. Golongan ini sangat ekspresif dan fokus pada perasaan dan emosi. Menyukai cara bekerja yang melibatkan perasaan dan cenderung pada jenis pekerjaan yang berkaitan sikap dan emosi manusia. Golongan ini menukai lingkungan belajar yang terbuka dan tidak terstruktur. Mereka suka bekerja dalam kelompok dan kegiatan berbagi pendapat dan pengalaman. 

Si Pengamat 
Adalah mereka yang suka mengamati dan mendengarkan. Mereka cenderung hati-hati, pendiam dan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak atau berpartisipasi dalam kelas. Jika mereka menolak memberikan pendapat atau menjawab pertanyaan, mereka akan langsung mengatakannya. Mereka menyukai pengalaman, belajar yang memungkinkan mereka menggali beragam ide dan pendapat, dan mereka cenderung bisa belajar dengan baik tahu sendiri. 

Si Pemikir 
Golongan ini mengandalkan logika dan petimbangan yang sehat. Mereka suka berbagi ide dan konsep. Menukai kegiatan yang membutuhkan analisa dan evaluasi. Selalu mempertanyakan alas an dari kegiatan yang dilakukan dan pernyataan yang menurut mereka terlalu umum atau tidak bermutu. Mereka cenderung bekerja sendiri dan mempertanyakan hubungan permainan peran dan simulasi. 

Si Pekerja 
Golongan ini senang terlibat secara aktif dalam proses belajar. Mereka akan bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok dan cenderung mendominasi diskusi. Mereka suka mempraktikkan apa yang mereka pelajari, terutama tertarik dengan bagaimana mereka dapat mengaplikasikan yang mereka pelajari dalam keseharian mereka. Mereka suka dengan informasi yang diberikan secara jelas dan ringkas, dan sangat tidak suka dengan diskusi yang bertele-tele.

Anda ingin mengetahui termasuk tipe yang mana?
Silakan isi kuesioner yang terdiri 10 permasalahan di sini. Dengan menjumlahkan skor jawaban maka akan diketahui kecenderungan profil gaya bekerja Anda.

Sumber: 
Lampiran 3 Buku Kepemimpinan Fasilitatif, Seri Teknologi Pelatihan. USAID, LGSP 2009


{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment