Cek Data Dapodik untuk TPP

Bookmark and Share
TPP mulai 2013, BOS, tunjangan fungsional, tunjangan khusus bantuan rehab, blok grand/DAK dan bantuan lain akan berpedoman pada dapodik (data pokok pendidikan). Untuk itu, peran operator tingkat sekolah sangat penting dalam melakukan proses pendataan profril sekolah, siswa, dan pendidik/guru atau tenaga kependidikan melalui aplikasi dapodik.

Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar  perencanaan, evaluasi dan  kebijakan  nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberian bantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program:

1.  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN
2.  Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP)
3.  Rehabilitasi ruang belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dls)
4.  Dana Alokasi Khusus (DAK)
5.  Ruang Kelas Baru
6.  Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi
7.  Subsidi/tunjangan bagi guru
8.  Dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kelengkapan data  yang dikirim oleh sekolah  akan menjadi dasar pemberian jenis dan besar bantuan dari pemerintah dan pemerintah daerah kepada masing-masing sekolah. Oleh karena itu, sekolah yang tidak memberikan  data tidak  akan  dapat  dialokasikan segala jenis bantuan kepada sekolah 
yang bersangkutan. Demikian juga, data yang tidak akurat, akan mengakibatkan ketidaktepatan jenis dan besar bantuan yang diberikan. Sekolah diharuskan memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, karena data tersebut akan dijadikan dasar untuk evaluasi dan audit kepada sekolah.

Cek Data PTK 
Data PTK yang tidak valid akan berakibat tidak memenuhi syarat menerima tunjangan profesi. Untuk itu, perlau mengecek data PTK dan bila ada data yang tidak benar agar dapat segera diperbaiki. Perbaikan data hanya bisa dilakukan melalui aplikasi pendataan dikdas oleh operator sekolah.

Langkah cek data PTK (klik poster di atas)
Jika tautan di atas tidak berhasil, silakan coba alamat yang lain: http://223.27.144.195/info.php atau http://223.27.144.195:8083/info.php atau http://223.27.144.195:8082/info.php atau http://223.27.144.195:8081/info.php )
  1. ketik NUPTK
  2. ketik pasword berupa tanggal lahir dengan format, tahun-bulan-tanggal ( contoh, lahir 19 Januari 1970 ditulis 19700119)
  3. klik login.
Keterangan Hasil Cek Data
  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.
  • Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com utk ditelusuri pengelola data mengenai penyebabnya. HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK. PENGELOLA TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
Selamat mengecek semoga berhasil dengan data yang valid.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment