KISI – KISI UJIAN NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
BIDANG STUDI : MATEMATIKA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Target
|
Hasil
|
TL
|
1
|
Memahami konsep dan
operasi hitung bilangan
serta dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyelesaukan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung campuran bilangan cacah
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan pecahan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian
berbagai bentuk pecahan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan
skala dan bandingan lainnya
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai pecahan dari besar ke kecil atau
sebaliknya
|
|
|
|
|
||
Disajikan dua bilangan siswa dapat menentuka KPK dan
FPB dalam bentu faktorisasi
|
|
|
|
|
||
Disajikan tiga buah bilangan dua angka siswa dapat menentukan FPB dan KPK
– nya
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan
bilangan pangkat dua
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu
bilangan pangkat tiga
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar
pangkat tiga
|
|
|
|
|
No
|
SKL
|
Indikator
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Target
|
Hasil
|
TL
|
2.
|
Memahami konsep
ukuran dan pengukuran
berat, panjang, luas, dan
volume waktu serta
penggunaannya dalam
pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu
dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan ukuran panjang yang
berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit
atau satuan volume
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran
berat atau satuan luas
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan
dan waktu
|
|
|
|
|
No
|
SKL
|
Indikator
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
Target
|
Hasil
|
TL
|
3.
|
Memahami konsep,
sifat
dan unsur-unsur
bangun
geometri dapat menghitung besar
besaran yang terkait
dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami
konsep transformasi
bangun datar, serta
dapat menggunakannya
dalam
kehidupan seharihari.
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar
yang disajikan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan unsur – unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan ( titik sudut, sisi atau rusuk )
|
|
|
|
|
||
Siswr dapat menentukan satu pasang
bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan jaring – jaring suatu bangun ruang
|
|
|
|
|
||
Dusajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat
menghitung luasnya.
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar
sederhana
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume kubus atau balok
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukuran
nya diketahui
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
4.
|
Memahami konsep
koordinat untuk menentukan letak benda
dan dapat menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik
|
|
|
|
|
5.
|
Memahami konsep
pengumpulan data,
penyajian data dengan
tabel dan grafik,
mengurutkan data, rata rata serta menerapkan dalam pemecahan
masalah
kehidupan
sehari-hari.
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang
disajikan ( terbanyak, terendah, selisih, dll )
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan
( data dari persentase atau besar sudut tertentu )
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam
bentuk diagram batang dan lingkaran
|
|
|
|
|
||
|
Siswa dapat menentukan nilai rata – rata dari sekumpulan data ( rentang
sebanyak 6 – 10 data )
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan nilai rata – rata dari data berbentu tabel (
sebanyak data kurang dari 20 data )
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata – rata dari sajian data berbentuk
diagram batang
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang di
sajikan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam
bentuk soal cerita
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang
disajikan
|
|
|
|
|
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment