KISI – KISI UJIAN NASIONAL ( UN ) BIDANG STUDI : MATEMATIKA

Bookmark and Share
KISI – KISI UJIAN  NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

BIDANG STUDI : MATEMATIKA

No
Kompetensi
Indikator
Tanggal Pelaksanaan
Target
Hasil
TL
1
Memahami konsep dan
operasi hitung bilangan
serta dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran  bilangan cacah.




Siswa dapat menyelesaukan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah




Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat




Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan  




Siswa dapat menyelesaikan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan




Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala dan bandingan lainnya




Siswa dapat menentukan urutan berbagai pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya




Disajikan dua bilangan siswa dapat menentuka KPK dan FPB dalam bentu faktorisasi




Disajikan tiga buah bilangan dua angka siswa dapat menentukan FPB dan KPK – nya




Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK




Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB




Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua




Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga




Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga











No
SKL
Indikator
Tanggal Pelaksanaan
Target
Hasil
TL
2.
Memahami konsep
ukuran dan pengukuran
berat, panjang, luas, dan
volume waktu serta
penggunaannya dalam
pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan ukuran panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana




Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume




Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas




Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan dan waktu
































No
SKL
Indikator
Tanggal Pelaksanaan
Target
Hasil
TL
3.
Memahami konsep, sifat
dan unsur-unsur bangun
geometri dapat menghitung besar
besaran yang terkait
dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami
konsep transformasi
bangun datar, serta
dapat menggunakannya
dalam kehidupan seharihari.
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun  yang disajikan atau sebaliknya




Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan




Siswa dapat menentukan unsur – unsur yang ada pada bangun ruang yang  disajikan ( titik sudut, sisi atau rusuk )




Siswr  dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan




Siswa dapat menentukan jaring – jaring suatu bangun ruang




Dusajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.




Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana




Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok




Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui




Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukuran nya diketahui









4.
Memahami konsep
koordinat untuk menentukan letak benda
dan dapat menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik




5.
Memahami konsep
pengumpulan data,
penyajian data dengan
tabel dan grafik,
mengurutkan data, rata rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan ( terbanyak, terendah, selisih, dll )




Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan ( data dari persentase atau besar sudut tertentu )




Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel




Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang dan lingkaran





Siswa dapat menentukan nilai rata – rata dari sekumpulan data ( rentang sebanyak 6 – 10 data )




Siswa dapat menentukan nilai rata – rata dari data berbentu tabel ( sebanyak data kurang dari 20 data )




Siswa dapat menghitung nilai rata – rata dari sajian data berbentuk diagram batang 




Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang di sajikan




Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk  soal cerita




Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan




{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment