KISI – KISI UJIAN NASIONAL
( UN )
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM
No
|
SKL
|
Indikator
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
Target
|
Hasil
|
TL
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan
dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia,
dan
upaya
pelestarian.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/ tumbuhan
tertentu
|
|
|
|
|
Disajikan beberapa contoh tumbuhan / hewan dalam satu kelompok siswa
dapat menentukan dasar dari pengelompokkan dari tumbuhan / hewan tersebut
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan / tumbuhan bagi kehidupan manusia /
lingkungan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/ tumbuhan langka
|
|
|
|
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur
hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/ tumbuhan siswa dapat menentukan cara
perkembangbiakannya
|
|
|
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
|
|
|
|
||
3.
|
Memahami saling ketergantungan mahluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar mahluk hidup ( salah satu
jenis simbiosis )
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas /
akosistem tertentu
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai
makanan
|
|
|
|
|
||
4.
|
Memahami penyesuain diri pada mahluk hidup sera peranan
manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan
lingkungan
|
|
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
|
|
|
|
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan dan hewan,
mejelaskan fungsinya serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan
strukturnya
|
|
|
|
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang
ditunjuk
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses
yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan manusia siswa dapat menjelaskan proses
yang dilakukan enzim / zat pencernaan
yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sisten peredaran darah manusia berdasarkan
gambar
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan
manusia
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pencegaahan salah satu jenis penyakit pada
manusia
|
|
|
|
|
||
6.
|
Memahami sifat penyusunan benda perubahan bentuk benda
dan kegunaan serta pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan sehari hari.
|
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan
wujud zat yang terjadi
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan sifat -
sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan
dasar benda tertentu
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada
suatu kegiatan / peristiwa
|
|
|
|
|
||
7.
|
Memahami hubungan antar gaya, gerak, energi dan
perubahannya serta manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari
|
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya
yang dimanfaatkan
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan/ gambar siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat
mengubah gerak/ bentuk suatu benda
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar / ilustrasi gambar kegiatan, siswa dapat menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar alat musik siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari
alat tertentu
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar atau pernyataan siswa dapat menentukan sifat cahaya dari
gambar atau pernyataan tersebut
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi
yang terjadi
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari –
hari
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar aliran listrik, siswa dapat menentukan lampu yang
menyela / mati jika salah satu saklar diputus/ disambung
|
|
|
|
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam,
perubahan yang terjadi dalam penggunaannya serta dampaknya bagi kehidupan
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis – jenis tanah
|
|
|
|
|
Disajikan gambar / pernyataan siswa dapat menentukan manfaat salah satu
jenis sumber daya alam
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah
permukaan bumi ( pertanian, perkotaan dsb )
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat
diperbaharui/ tidak dapat diperbaharui
|
|
|
|
|
||
9.
|
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan
|
Menentukan nama – nama planet / ciri – ciri planet dalam tata surya
|
|
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi / bulan terhadap kehidupan di
bumi
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/ bulan
atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/ bulan
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/ tahun hijriah.
|
|
|
|
|
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment