KISI – KISI UJIAN NASIONAL ( UN ) BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM

Bookmark and Share
KISI – KISI UJIAN NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM

No
SKL
Indikator
Tanggal Pelaksanaan
Target
Hasil
TL
1.
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan
dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, dan
upaya pelestarian.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/ tumbuhan tertentu




Disajikan beberapa contoh tumbuhan / hewan dalam satu kelompok siswa dapat menentukan dasar dari pengelompokkan dari tumbuhan / hewan tersebut




Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan / tumbuhan bagi kehidupan manusia / lingkungan




Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/ tumbuhan langka




2.
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
Disajikan gambar hewan/ tumbuhan siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya




Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia




Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan




3.
Memahami saling ketergantungan mahluk hidup
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar mahluk hidup ( salah satu jenis simbiosis )




Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas / akosistem tertentu




Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan




4.
Memahami penyesuain diri pada mahluk hidup sera peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan




Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu




5.
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan dan hewan, mejelaskan fungsinya serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya




Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk




Siswa dapat  menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar




Disajikan gambar alat pencernaan manusia siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim / zat pencernaan  yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk




Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu  sisten peredaran darah manusia berdasarkan gambar




Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar




Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan manusia  




Siswa dapat menjelaskan cara pencegaahan salah satu jenis penyakit pada manusia




6.
Memahami sifat penyusunan benda perubahan bentuk benda dan kegunaan serta pengaruh suhu  terhadap benda dalam kehidupan sehari hari.
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi




Siswa dapat menyebutkan sifat -  sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu




Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan / peristiwa




7.
Memahami hubungan antar gaya, gerak, energi dan perubahannya serta manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan




Disajikan pernyataan/ gambar siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/ bentuk suatu benda




Disajikan gambar / ilustrasi gambar kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan




Disajikan gambar alat musik siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tertentu




Disajikan gambar atau pernyataan siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar atau pernyataan tersebut




Disajikan gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi




Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari – hari




Disajikan gambar aliran listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyela / mati jika salah satu saklar diputus/ disambung




8.
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam penggunaannya serta dampaknya bagi kehidupan
Siswa dapat mengidentifikasi jenis – jenis tanah




Disajikan gambar / pernyataan siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam




Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi ( pertanian, perkotaan dsb )




Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/ tidak dapat diperbaharui




9.
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan
Menentukan nama – nama planet / ciri – ciri planet dalam tata surya




Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi / bulan terhadap kehidupan di bumi




Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/ bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/ bulan




Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/ tahun hijriah.






{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment