KISI – KISI UJIAN NASIONAL ( UN ) BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA

Bookmark and Share
KISI – KISI UJIAN  NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA

No
SKL
Indikator
Tanggal Pelaksanaan
KKM
Hasil
TL
1.
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata dari rubrik khusus serta berbagai karya sastra berupa puisi dongeng cerita anak dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3-4 paragraf siswa dapat :
-       Menjawab pertanyaan dengan kata tanya ( apa, siapa, bagaimana, atau mengapa )




Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur




Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat 




Disajikan cuplikan pengumuman siswa dapat menentukan isinya




Disajikan teks drama siswa dapat :
-       Menentukan tokoh utama
-       Menentukan latar
-       Menentukan amanatnya




Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat siswa dapat menentukan kalimat utamanya




Disajikan teks percakapan siswa dapat menyimpulkan isinya




Disjikan sebuah paragraf siswa  dapat :
-       Menentukan makna yang terkait didlamnya
-       Mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat
-       Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat didalam paragraf 




Siswa dapat menentukan pribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan




siswa dapat menentukan ungkapan sesuai lustrasi yang disajikan




Disjikan pantun siswa dapat menentukan pesan yang terkandung didalamnya




Disajikan  dua teks siswa dapat menentukan persamaanya




Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api berbagai jurusan siswa dapat :
-       Membuat pernyataan sesuai isi jadwal
-       Menentukan kereta tertentu yang berangkat / datang lebih cepat / lambat sesuai isi jadwal






Disajikan puisi siswa dapat menentukan isi / maksud yang terkandung didalamnya




Disajikan cuplikan cerita anak siswa dapat menyimpulkan isinya




Disajikan cuplikan laporan siswa dapat :
-       Menentukan isinya
-       Memperbaiki kalimat yang salah strukturnya




Disajikan percakapan dua atau tiga orang siswa dapat menentukan topiknya




Disajikan teks satu paragraf siswa dapat :
-       Menentukan ringkasannya
-       Menentukan temanya
-       Menentukan pesan yang terkandung didalamnya




Disajikan isi teks puisi pendek , siswa dapat :
-       Menentukan parafrase yang tepat
-       Menentukan makna kata pada puisi yang disajikan








No
SKL
Indikator
Tanggal Pelaksanaan
Target
Hasil
TL
2.
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi
dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat pengumuman, dialog, formulir, teks pidato , laporan dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat, menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase dan pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut




-       Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu
-       Disajikan dua kalimat tunggal siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat
-       Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata gabung yang tepat




Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat




Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan




Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang didalamnya terdapat kata depan yang tepat




Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat




Disajikan formulir dan data isian siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan




Disajikan teks pidato yang belum lengkap siswa dapat :
-       Melengkapi dengan kalimat yang tepat
-       Memperbaiki kalimat yang ejaannya salah




Disajikan surat resmi yang didalamnya terdapat kata yang tidak tepat siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju




Disajikan cuplikan laporan siswa dapat membetulkan ejaan yang salah




Disajikan data siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data




Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap dibagian isi siswa  dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat




Disajikan gambar kegiatan siswa dapat menyusun sebuah sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar




Disajikan paragraf rumpang siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.













{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment