KISI – KISI UJIAN NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA
No
|
SKL
|
Indikator
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
KKM
|
Hasil
|
TL
|
1.
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana,
laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata dari rubrik
khusus serta berbagai karya sastra berupa puisi dongeng cerita anak dan drama
anak.
|
Disajikan teks bacaan 3-4 paragraf siswa dapat :
-
Menjawab pertanyaan dengan kata tanya ( apa, siapa,
bagaimana, atau mengapa )
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk
pemakaiannya siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan
umur
|
|
|
|
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak
siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat
|
|
|
|
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman siswa dapat menentukan
isinya
|
|
|
|
|
||
Disajikan teks drama siswa dapat :
-
Menentukan tokoh utama
-
Menentukan latar
-
Menentukan amanatnya
|
|
|
|
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat siswa
dapat menentukan kalimat utamanya
|
|
|
|
|
||
Disajikan teks percakapan siswa dapat menyimpulkan
isinya
|
|
|
|
|
||
Disjikan sebuah paragraf siswa dapat :
-
Menentukan makna yang terkait didlamnya
-
Mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat
-
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat
didalam paragraf
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan pribahasa sesuai ilustrasi yang
disajikan
|
|
|
|
|
||
siswa dapat menentukan ungkapan sesuai lustrasi yang
disajikan
|
|
|
|
|
||
Disjikan pantun siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung didalamnya
|
|
|
|
|
||
Disajikan dua
teks siswa dapat menentukan persamaanya
|
|
|
|
|
||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan siswa dapat :
-
Membuat pernyataan sesuai isi jadwal
-
Menentukan kereta tertentu yang berangkat / datang
lebih cepat / lambat sesuai isi jadwal
|
|
|
|
|
||
|
|
Disajikan puisi siswa dapat menentukan isi / maksud
yang terkandung didalamnya
|
|
|
|
|
Disajikan cuplikan cerita anak siswa dapat menyimpulkan
isinya
|
|
|
|
|
||
Disajikan cuplikan laporan siswa dapat :
-
Menentukan isinya
-
Memperbaiki kalimat yang salah strukturnya
|
|
|
|
|
||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang siswa dapat
menentukan topiknya
|
|
|
|
|
||
Disajikan teks satu paragraf siswa dapat :
-
Menentukan ringkasannya
-
Menentukan temanya
-
Menentukan pesan yang terkandung didalamnya
|
|
|
|
|
||
Disajikan isi teks puisi pendek , siswa dapat :
-
Menentukan parafrase yang tepat
-
Menentukan makna kata pada puisi yang disajikan
|
|
|
|
|
No
|
SKL
|
Indikator
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
Target
|
Hasil
|
TL
|
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi
dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk
pemakaian, surat pengumuman, dialog, formulir, teks pidato , laporan dan
ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat, menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase dan
pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut
|
|
|
|
|
-
Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu
-
Disajikan dua kalimat tunggal siswa dapat menggabungkan
dengan kata hubung yang tepat
-
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kata gabung yang tepat
|
|
|
|
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat
|
|
|
|
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan
|
|
|
|
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap siswa
dapat melengkapi dengan kalimat yang didalamnya terdapat kata depan yang
tepat
|
|
|
|
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap siswa
dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
|
|
|
|
|
||
Disajikan formulir dan data isian siswa dapat
melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan
|
|
|
|
|
||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap siswa dapat :
- Melengkapi dengan kalimat yang tepat
- Memperbaiki kalimat yang ejaannya salah
|
|
|
|
|
||
Disajikan surat resmi yang didalamnya terdapat kata
yang tidak tepat siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang
yang dituju
|
|
|
|
|
||
Disajikan cuplikan laporan siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah
|
|
|
|
|
||
Disajikan data siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data
|
|
|
|
|
||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap dibagian isi
siswa dapat melengkapi dengan kalimat
yang tepat
|
|
|
|
|
||
Disajikan gambar kegiatan siswa dapat menyusun sebuah
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar
|
|
|
|
|
||
Disajikan paragraf rumpang siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment