Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ) Sekolah Dasar

Bookmark and Share

LAPORAN
EVALUASI DIRI SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

















PEMERINTAH KABUPATEN KAMPAR
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN
JALAN MUTIARA KASIKAN  
KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR
2010






Kata Pengantar


Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan  taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua khususnya kepada Kepala Sekolah Dasar Negeri Nomor 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Evaluasi Diri Sekolah ini.

Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah ini dibuat dalam rangka mengkoreksi sejauhmana kemampuan sekolah dalam melaksanakan system pembelajaran dan mengkaji permasalahan permasalahan yang ada di sekolah serta bagaiman cara mengatasi permasalahan tersebut dan merumuskan rencara strategis sekolah pada masa yang akan datang guna untuk  peningkatan pendidikan  untuk terciptanya proses pembelajaran yang kondusif dan menunjang kelancaran pendidikan di SD Negeri 001 Kasikan  Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, sesuai dengan visi misi sekolah.
Dan pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar, Bapak Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Tapung Hulu, serta Bapak Pengawas TK / SD Kecamatan Tapung Hulu serta segala pihak yang tidak bisa kami sebutkan atas segala sumbangsih, saran serta motivasinya sehingga terselesainya penulisan laporan Evaluasi Diri Sekolah ( EDS )  ini dengan baik.

Kami menyadari didalam penusunan proposal ini masih banyak terdapat kekurangan sebab sesuai dengan pepatah “ Tak ada gading yang tak retak “ oleh sebab itu kami mengharapkan kritik dan saran serta dukungan dari semua pihak demi perbaikan diri kami pada masa yang akan datang dan atas bantuannya  kami ucapkan terima kasih.     



Tim Pengembang Sekolah
              Ketua





       KOHAR, S.Pd.SD
NIP. 19711117 199602 1 001
              

DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH

Nomor

Bagian

Halaman

 

Kata Pengantar

 

 

Daftar isi

 

 

Pendahuluan 

 

1.     

Standar Proses

 

1.1.         

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

 

1.2.         

Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?

 

1.3.         

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

 

1.4.         

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

 

1.5.         

Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

 

1.6.         

Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?



PENDAHULUAN

 

1.    Nama Sekolah                           : SDN 001 Kasikan

    

 

2.    Nama Kepala Sekolah              : Kohar, S.Pd.SD



3.    Tanggal                                      : 10 Nopember 2010

 


4.    Jumlah murid                            : 440 Orang

 


5.    Jumlah Guru                                                          : 19 Orang


6.    Visi Sekolah :

Untuk menjalankan misinya maka SDN 001 Kasikan menetapkan visinya Sebagai berikut :
“ Sekolah Dasar Negeri nomor 001 Kasikan sebagai salah satu SD unggul, baik penampilan maupun mutu kelulusan di Kecamatan Tapung Hulu “

Misi Sekolah :
         Dalam rangka untuk mencapai visi tersebut diatas maka kami telah menetapkan beberapa aktifitas dan kegiatan yang biasa disebut dengan misi sekolah sebagai berikut :
-           Menggali potensi sekolah dan masyarakat
-           Meningkatkan kinerja Kepala Sekolah
-           Meningkatkan pranan masyarakat terhadap kepedulian sekolah dalam hal ini adalah komite sekolah
-           Meningkatkan kwalitas personal Guru
-           Mengusahakan terpenuhinya jumlah Guru
-           Meningkatkan suasana kekeluargaan sekolah
-           Menciptakan suasana kompetitif
-           Mengusahakan terwujudnya kelas unggulan
-           Mengusahakan Remedial ( belajar tambahan ) bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar
-           Meningkatkan kegiatan extra kurikuler
-           Melaksanakan lomba mata pelajaran

1.         Tujuan Sekolah
Adapun tujuan SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu sampai dengan tahun 2010 sebagai berikut :

1.             Persentase rata – rata nilai murni UASBN 7,05 ( Tujuh koma nol lima )
2.             Persentase rata – rata siswa lulusan yang diterima di SLTP Negeri 70 %
3.             Memiliki kelompok keamanan yang baik
4.             Memiliki kedisiplinan warga sekolah yang baik
5.             Memiliki kelompok KKG dengan sekolah imbas yang baik
6.             Memiliki kerjasama yang baik dengan sekolah imbas dan sekolah yang berdampingan




2.         Rencana dan Strategi

1.      Meningkatkan kedisiplinan siswa
2.      Meningkatkan kemampuan skill siswa dan profesionalisme siswa
3.      Meningkatkan dan mengembangkan bakat siswa melalui kegiatan extra kurikuler
4.        Meningkatkan kedisiplinan Guru
5.        Meningkatkan kemampuan skill dan profesionalisme Guru didalam kegiatan belajar mengajar
              i.        Meningkatkan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
             ii.        Meningkatkan Kerjasama dalam pendidikan dengan sekolah imbas
            iii.        Meningkatkan kerjasama antar warga sekolah dengan masyarakat dan pemerintah

a.   Alternatif langkah – langkah
  1. Peningkatan Bidang Mutu Pendidikan
1.    Penambahan Guru
2.    Satu Guru hanya mengajar satu bidang studi
3.    Satu buku satu murid
4.    Satu paket didampingi LKS 
  1. Olahraga
1.    Menyediakan sarana latihan
2.    Membuat club sekolah
3.    Mendatangkan pelatih
4.    Mengadakan kompetisi
5.    Menyusun jadwal latihan
  1. Bidang Keagamaan
1.    Mengadakan santapan  rohani setiap jum’at
2.    Mengadakan praktek ibadah
3.    Mengadakan seni bacaan Al Qur’an
4.    Penghapalan Ayat – ayat pendek
5.    Mengadakan les khusus masalah tauhid 


  1. Bidang Dana dan Pembangunan
1.    Mengusahakan bantuan dari pemerintah dan swasta
2.    Mengadakan kerja sama dengan kelompok tanah plasma
3.    Menjalin kerja sama dengan kelompok tani plasma

  1. Bidang Keorganisasian dan Kepemimpinan
1.    Meningkatkan pelatihan Pramuka
2.    Mengaktifkan UKS  / Dokter Kecil

7.   Kondisi Lingkungan Sekolah

            Sekolah Dasar Negeri Nomor 001 Kasikan adalah Sekolah Inti dari Gugus Kasikan Lestari dan  berada di jantung Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dengan kondisi penduduk sekitar 50 % adalah para pendatang dan masyarakat yang ada di lingkungan SDN 001 Kasikan sudah mengenyam pendidikan menengah keatas, karena berada di pusat Desa Kasikan dan lingkungan masyarakat yang sudah berpendidikan ditambah lagi SDN 001 Kasikan merupakan Sekolah Inti dari Gugus Kasikan Lestari membuat SDN 001 Kasikan harus selalu mengevaluasi diri guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada SDN 001 Kasikan, sebagaimana dijelaskan diatas Sekolah Dasar Negeri  001 Kasikan adalah sekolah yang berada di pusat Desa Kasikan dan berada di lingkungan masyarakat yang sudah berpendidikan dan profesi orang tua murid lebih sekitar 70 % sebagai pedagang membuat para peserta didik kurang mendapat perhatian atau sering terabaikan oleh orang tuanya dikarena kesibukan masing – masing.

            Dilatar belakangi oleh orang tua yang sudah 60 % berpendidikan dan ditambah berfrofesi sekitar 70 % sebagai pedagang membuat perekonomian para orang tua sudah tergolong mapan dan berkecukupan, kondisi perekonomian yang memadai membuat orang tua menyadari akan kebutuhan pendidikan terhadap anaknya semakin bertambah sedangkan 40 % lagi adalah orang tua yang berlatar belakang pendidikan dibatawah atau sama sekali tidak pernah mengenyam pendidkan formal dan 30 % orang tua memilki perekonomian dibawah rata – rata membuat proses belajar dan mengajar pada SDN 001 Kasikan tidak berjalan maksimal  dan semua itu tentu saja secara tidak langsung menuntut SDN 001 Kasikan sebagai sarana pendidikan mendapat tantangan untuk menjadi fasilisator pendidkan selalu berbenah diri guna meningkatkan kualitas pendidikan.            



1.   STANDAR PROSES BELAJAR

1.1.      Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

Standar proses belajar

A: Silabus
Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

-       Karena kurangnya kemampuan para Guru dalam menggunakan metode beragam dalam menyampaikan pembelajaran maka guru SDN 001 Kasikan lebih cendrung menggunakan metode klasikal 


-       Karena kurang kreatifnya para Guru – guru pada SDN 001  Kasikan  menyebabkan kebutuhan para peserta didik sering terabaikan 

-       Karena metode yang digunakan oleh guru SDN 001 Kasikan adalah metode klasikal ( ceramah ), para peserta didik kurang mendapatkan kesempatan untuk aktif dalam belajar.

-       Keterbatasan kemampuan Guru pada SDN 001 Kasikan membuat kurang termotifasinya para peserta didik

 

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik


Lain-lain























1.2.      Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif


Spesifikasi dalam standar proses belajar


B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
      - Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar           kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Reviu RPP

 

-       Penggunaan metode klasikal oleh Guru SDN 001 Kasikan dalam menyampaikan pembelajaran membuat kebutuhan belajar individu sering terabaikan


-       Guna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar, maka Guru SDN 001 Kasikan memberikan tambahan pembelajaran pada sebagian peserta didik setelah jam sekolah


      -    Guna untuk tercapainya tujuan belajar pada seluruh peserta            didik maka sebagian guru SDN 001 Kasikan memperhatikan            kesulitan – kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik

 

Observasi kelas

 

Interviu guru

 

Interviu peserta didik

 

Lainnya































1.3.      Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?


 

Spesifikasi dalam standar proses belajar


Implementasi Proses Belajar
·       Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai


Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

-       Dengan spesifikasi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan indikator pencapaian tingkat ke – 2 Guru – guru pada SDN 001 Kasikan menggunakan berbagai sumber buku


-       Guru SDN 001 Kasikan menggunakan alat peraga pembelajaran hanya pada bidang studi tertentu saja.

-       Guru SDN 001 Kasikan dalam mendapatkan bahan penunjang pembelajaran sangat terbatas

-       Sebagai kreatifitas Guru, sebagian alat peraga yang dihasilkan oleh siswa dapat dipajangkan

 





Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan

 


Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

 


Wawancara dengan peserta didik

 


Lain-lain (tuliskan)










 














 

1.4.      Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?


Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar
Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik 
Ÿ  Para peserta didik berpeluang untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi,  dan  konfirmasi
Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tingkat/jumlah DO

 

-       Karena kurangnya kemampuan para Guru dalam menggunakan metode beragam dalam menyampaikan pembelajaran maka guru SDN 001 Kasikan lebih cendrung menggunakan metode klasikal 


-       Karena kurang kreatifnya para Guru – guru pada SDN 001  Kasikan  menyebabkan kebutuhan para peserta didik sering terabaikan 

-       Karena metode yang digunakan oleh guru SDN 001 Kasikan adalah metode klasikal ( ceramah ), para peserta didik kurang mendapatkan kesempatan untuk aktif dalam belajar.

-       Keterbatasan kemampuan Guru pada SDN 001 Kasikan membuat kurang termotifasinya para peserta didik

 

Kehadiran peserta didik

 

Wawacara dengan guru dan peserta didik

Observasi sesama guru

 

Observasi Pengajaran

 

Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran

 

Lain-lain (tuliskan)



























1.5.      Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar


q Perencanaan proses belajar
Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

q  Implementasi proses belajar
Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya
Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik
Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

-       Penggunaan metode klasikal oleh Guru SDN 001 Kasikan dalam menyampaikan pembelajaran membuat kebutuhan belajar individu sering terabaikan


-       Guna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar, maka Guru SDN 001 Kasikan memberikan tambahan pembelajaran pada sebagian peserta didik setelah jam sekolah



      -    Guna untuk tercapainya tujuan belajar pada seluruh peserta            didik maka sebagian guru SDN 001 Kasikan memperhatikan            kesulitan – kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik

 

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Kehadiran peserta didik

Observasi sesama guru

Rencana pengajaran guru

Lain-lain


















1.6.      Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

·         Implementasi Proses Belajar
q  Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.
q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai


Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.

-       Karena keterbatasan pengetahuan Guru – guru SDN 001 Kasikan akan efek dari pujian membuat para guru SDN 001 Kasikan kurang memberikan pujian kepada peserta didik


-       Karena merasa kemampuannya masih di bawah para teman – temannya dan dihantui perasaan takut salah membuat para peserta didik pada SDN 001 Kasikan kurang percaya diri terhadap kemampuannya

-       Karena anggapan bahwa para peserta didik dalam tahap belajar membuat para Guru di SDN 001 Kasikan kurang mengakui perbedaan kemampuan pesrta didik.

-       Karena kurangnya kreatifitas para guru SDN 001 Kasikan membuat mereka tidak semuanya memberikan respon dan penguatan yang memadai terhadap hasil belajar peserta didik

 

 


Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.

 


Perilaku lain yang relevan


Lain-lain























PENUTUP

Dengan rahmat Allah SWT, kami dapat menyelesaikan Laporan Evaluasi Diri Sekolah          ( EDS) SD Negeri 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar  dengan sebenarnya. Adapun hal – hal yang dirasakan kurang  tepat pada tujuannya kami mohon masukan.



                      Ketua Komite Sekolah                                           Kepala SDN 001 Kasikan




     SAID AZHAR                                                 KOHAR, S.Pd.SD



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar