PKB adalah bagian penting dari proses pengembangan keprofesionalan guru. PKB tidak terjadi secara ad‐hoc tetapi dilakukan melalui pendekatan yang diawali dengan perencanaan untuk mencapai standar kompetensi profesi, mempertahankan/menjaga dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan perolehan pengetahuan dan keterampilan baru.
PKB dalam rangka pengembangan pengetahuan dan keterampilan merupakan tanggung‐jawab guru secara individu sesuai dengan masyarakat pembelajar.
Sesuai Buku 1 Pedoman Pengelolaan PKB, kegiatan PKB terdiri atas 4 langkah kegiatan :
- perencanaan,
- pelaksanaan,
- evaluasi,
- refleksi
Keempat langkah ini didesain untuk meningkatkan karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan profesionalitas guru sebagaimana diagram berikut:
Dengan perencanaan dan refleksi pada pengalaman belajar guru dan/atau praktisi pendidikan akan mempercepat pengembangan pengetahuan dan keterampilan guru serta kemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan.
PKB bermutu dihasilkan oleh guru profesional; Guru profesional membuat pembelajaran berhasil, dan siswa memperoleh pengalaman bermakna bagi kehidupannya.
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment