SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / ..........
Standart
Kompetensi : 1. Mempraktikan gerak asar permainan
sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
1.
|
1.1 Mempraktikan
gerak dasar
dan permainan
bola kecil
sederhana
dengan peratu
ran yang dimo
difikasi serta
nilai kerjasama
sportivitas dan
kejujuran
|
a. Permainan Bola
kecil Kasti
- pengertian kasti
- sarana prasarana
bermain kasti
- peraturan-peraturan
permainan kasti
- Tehnik dasar
permainan kasti
|
1.1.1 Menjelaskan
pengertian permainan kasti
1.1.2 menyebutkan sara-
na prasarana yang harus
dipersiapkan dalam ber-
main kasti.
1.1.3 Menjelaskan
peraturan-peraturan
dalam permainan kasti :
a. regu pemukul
b. regu penjaga
c. pelambung
d. pukulan benar
e. penghitungan nilai
f. waktu permainan
g. pergantian tempat
1.1.4 Menjelaskan
Tehnik dasar permainan kasti
|
A. Kasti
- Alat dan lapangan permainan
kasti
- Peraturan permainan
- Tehnik dasar permainan
- Bermain Kasti denga
peraturan sederhana
|
Tes
Tulis dan
praktik
|
Tes
-Soal -Ketram
pilan
|
Tes tulis
*Menjelaskan pengertian permaianan kasti
*Menyebutkan sarana dan prasarana bermain
kasti
* Menjelas
ka peraturan-peraturan dalam berma
-in kasti
- Melakukan l melempar &menangkap
|
9 X 35
menit
( 3 X pert )
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 2 - 4
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / ..........
Standart
Kompetensi : 1. Mempraktikan gerak asar permainan
sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
2.
|
1.1 Mempraktikan
gerak dasar
dan permainan
bola kecil
sederhana
dengan peratu
ran yang dimo
difikasi serta
nilai kerjasama
sportivitas dan
kejujuran
|
b. Permainan Bola
kecil Tonnis
- pengertian permainan tonnis
- fasilitas dan saranan bermain tonnis
-tehnik dasar bermain tonnis
- cara bermain tonnis
|
1.1.1 Menjelaskan
pengertian
permainan tonnis
1.1.2 Menjelaskan fasilitas
dan sarana
bermain
toonis
1.1.3Melakukan tehnik
dasar
bermain tonnis
1.1.4Melakukan cara
bermain
permainan
tonnis
|
B. Tonnis
- Alat dan Lapangan
Permianan
- Peraturan Permainan
- Tehnik Dasar Permainan
|
Tes
Tulis dan
praktik
|
Tes
Soal &
ketram
Pilan
|
Tes tulis
*Menjelas
kan pengertia permainan tonnis
* Melakukan pukulan
porehand
dengan baik
* Melakukan pukulan
backhand
dengan baik
* melakukan
servis ke
sasaran
|
9 X 35
menit
( 3 X pert )
|
Buku KTSP Penjaso-
rkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 5 - 7
|
3.
|
1.2 Mempraktikan
geraka dasar
atletik
sederhana
|
c. Atletik
- lari angkat paha
-lari tumik ke belakang
-lari tungkai disepakan
ke belakang
-lari santai ( joging )
-lari cepat ( sprint )
- Lomba
memindahkan batu
|
1.2.1- Melakukan gerakan
lari mengangkat paha
- Melakukan lari tumit
kebelakang
-
Melakukakan lari
tungkai
disepakan ke
depan
1.2.2 Melakukan lari santai
( Joging )
1.2.3 Melakukan lari cepat
( Sprint )
1.2.4
Lomba memindahan
batu
|
C. Atletik
- Latihan lari
- Lari mengangkat Paha
- Lari tumit ke belakang
-Lari tungkai disepakan ke
belakang
- Lari santai ( Joging )
- Lari cepat ( Sprint )
- Lomba Lari memindahkan
batu
|
Tes
Praktik
|
Tes
-ketram
pilan
-Penga-
matan
|
Tes :
-Melaku-
kan lari me
ngangkat paha
- Melaku
kan lari tumit ke belakang
-Melakukan lari tungkai disepakan ke
depan
- Melakukan jalan san-
tai ( joging )
- Melakukan lari cepat
- Melakukan lomba me-
mindahkan batu
|
9 X 35
menit
( 3 X pert )
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 8 - 11
|
4
|
1.3 Mempraktikan
gerak Dasar
permainan
bola besar
dengan
peraturan yang
dimodifikasi,
serta nilai
kerjasama,
sportifitas, dan
kejujuran
|
d. Sepak bola
* Jumlah pemain dan lama permainan
*Tehnik dasar menendang bola :
-Tendangan dengan kura-kura kaki
- Tendangan kaki bagian dalam
-Tendangan kaki bagian luar
-Menggiring bola
- Mengirim bola
* Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
|
1.3.1 Menjelaskan jumlah
pemain dan lama
permainan
1.3.2 Melakukan gerakan
menendang bola
dengan :
-
Tendangan dengan kura-
kura kaki
- Tendangan dengan kaki
bagian dalam
- Tendangan dengan kaki
bagian luar
-Menggiring bola
-Mengirim bola
1.3.3 Melakukan bermain bola dengan peraturan yang
dimodifikasi
|
D. Sepak Bola
- Jumlah Pemain dan Lama
permainan
- Lapangan Sepak Bola
1. Tehnik Dasar
Menendang
bola
- Tendangan dengan kura-kura
kaki
- Tendangan dengan
kaki
bagian dalam
- Tendangan kaki bagian luar
* Tehnik dasar lainnya
- Menggiring bola
- Mengirim bola
2. Bermain bola dengan
peraturan yang
dimodifikasi
|
Tes
Praktik
|
- Tes
Ketram
pilan
- Penga- matan
|
- Lakukan menendang bola dengan kura-kura
kaki
- lakukan
menendang bola dengan kaki bagian dalam
- Lakukan menendang bola dengan kaki
bagian luar
- Lakukan menggiring dang mengirim bola ber
pasangan
|
12 X 35 menit
(4X pert )
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 11 - 14
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan
kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Komptensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
|
2.1 Memprak
tikan aktivitas
permainan
sederhana
Untuk melatih
daya tahan
dan kekuatan
otot, serta nilai
kerja keras
dan disiplin
|
a.
Latihan daya
tahan dan
keku atan
- Lari jelajah
sekolah
- sit up
- Menirukan
gerakan anjing
laut
- Mengangkat
tubuh
- Kepiting berjalan
- Jongkok berdiri
-Permainan
berangkai 4 pos
|
2.1.1 Melakukan lari
jelajah
sekolah
2.1.2 Melakukan
gerakan
sit up
2.1.3 Melakukan
gerakan
anjing laut
2.1.3 Menggantung
atau
mengangkat tubuh
2.1.4 Melakukan
gerakan
kepiting berjalan
2.1.5. Melakukan permai-
nan jongkok berdiri
2.1.6 Melakukan
permainan
berangkai 4 pos
|
A. Latihan Daya
Tahan Dan Kekuatan
1. Lari jelajah
sekolahan
2. sit up
3. Menirukan
gerakan anjing laut
4. Mengangkat tubuh
5. Menirukan
gerakan kepiting
berjalan
6. Jongkok berdiri
7. Permainan
berangkai 4 pos
|
- Tes praktek
- Penga-
matan
|
* Tes ketrampilan
* Tugas
|
- Lakukanlah
lari jelajah
sekolahan
- Lakukanlah sit up
10 x berpasangan
- Tirukanlah
gerakan anjing laut
- Lakukan
mengangkat tubuh semam-
pummu
- Lakukanlah
permainan jongkok berdiri
- Lakukan
permainan berangkai 4 pos
|
9
X 35
menit
(3X
pert)
|
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga, hal 18 - 21
|
2.
|
2.2 Memprak-
tikan aktivitas
permainan untuk melatih
dan koordinasi
serta nilai
kerja keras
|
b.
Latihan
kelenturan
- Duduk selunjur
- permainan
timbangan
- Senam jongkok,
|
2.2.1 Melakukan
gerakan
duduk terselunjur
berpasangan
2.2.2 Melakukan
permainan
timbangan
2.2.3 Melakukan senam
jongkok
|
B. Latihan
Kelentukan
1. Dudu selunjur
2. Permainan
timbangan
3. Senam jongkok
|
*Tes
praktek dan
Pengamatan
|
* Tes ketrampilan
* Tugas
|
- Lakukan duduk
terselun
jur berpasangan
-Lakukan perma
inan timbangan
- Lakukan senam
jongkok
|
6
X 35
menit
(2Xpert )
|
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga, hal 22 - 23
|
SILABUS
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 3 Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai
yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sum
ber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
3.1 Mempraktik-
an gerak
kombinasi
senam
lantai tanpa alat
dengan
memeperhatikan
faktor
keselamatan,
dan
nilai disiplin dan
nilai keberanian
3.2.
Mempraktikan
kombinasi
gerak senam
lantai dengan
alat dengan
memperhatikan
faktor keselama
tan, dan nilai-
nilai disiplin serta
keberanian
|
a.
Senam lantai
tanpa alat
* Berdiri satu
kaki
* Meloncat dan
merubah arah
* Kayang
* Meroda
* Gerobak dorong
b.
Senam lantai
dengan alat
- Lompat kangkang
- Lompat kangkang
- Lompat jongkok
- guling ke depan
- guling ke
belakang
|
3.1.1 Melakukan
gerakan
berdiri dengan satu kaki
3.1.2 Melakukan
gerakan
melompat dengan
merubah arah
3.1.3. melakukan
sikap
kayang
3.1.4 melakukan gerakan
meroda
3.1.5 melakukan
gerobak dorong
3.2.1 Melakukan
latihan
lompat kangkang
melewati rintangan
teman
3.2.2 Melakukan
latihan
lompat jongkok
melewati peti lompat
3.2.3 Melakukan gerakan
guling ke depan
3.2.4
Melakukan gerakan
guling belakang
|
A. Senam Lantai
Tanpa Alat
- Latihan
Keseimbangan
- Melopat dengan
merubah arah
- Sikap kayang
- Gerakan
meroda
- Gerobak dorong
B. Senam
Lantai
Dengan Alat
- Lompat kang-
kang melewati
rintangan
- Lompat jongkok
melewati peti
lompat
- Bergiluling ke
depan
- Berguling ke
belakang
|
-
Tes
praktik dan
Pengamatan
|
-Tes
ketrampilan
-
Tugas
-Tes
Ketrampian
-
Tugas
|
-
Lakukan gerakan berdiri satu kaki
-
Lakukan gerak
an melompat dengan mengu-
bah arah
-
Lakukanlah ge-
rakan kayang
-
Lakukanlah gerakan mero
da
- Lakukanlah permainan gerobak dorong
berpasangan
-Lakukan
lompat kangngkang melewati rintangan bergantian dengan temanmu !
-
Lakukan lompat jongkok sesuai dengan nomor urut !
-Lakukan
guling depan dan belakang sesuai nomor
urut !
|
6
X 35
menit
( 2x pert)
9 X 35
menit
(3X pert)
|
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 28 - 30
Buku KTSP Penjasor-
kes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga, hal 28 - 30
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 4 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik
tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
No
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
4.1 Mempraktikan
gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu
menggunakan musik serta nilai estetika
4.2 Memprak
tikan ketrampilan
gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai
estetika
|
a.
Gerak ritmik I
- Langkah tunggal
- Empat langkah ke
depan da ke belakang
- Empat langkah ke
samping
-Gerakan langkah
kuda I
- Gerakan langkah
kuda II
b.
Gerak ritmik II
secara
beregu
tanpa menggunakan
alat
- Mengayun ke dua
lengan ke samping
|
4.1.1 Melakukan
gerakan
langkah tunggal
4.1.2 Melakukan gerakan
empat langkah ke
depan dan
kebelakang
4.1.3 Melakukan
gerakan
langkah empat ke
samping
4.1.4
Melakukan gerakan
langkah kuda I
4.1.5
Melakukan gerakan
langkah kuda II
4.2.1 Melakukan
latihan
gerakan :
- Latihan 1
- Latihan 2
- Latihan 3
|
A.
Gerak ritmik I
- Gerakan
Langkah
tunggal
- Gerakan Langkah
Empat l ke depan dan
ke belakang
- Gerakan
Langkah
Empat
ke samping
-Gerakan langkah
kuda I
- Gerakan langkah
kuda
II
*Mengayun Ke dua
Lengan Ke Samping
- Latihan
1
- Latihan 2
- Latihan 3
|
-Tes
Praktek
- Penga-
matan
- Tes
Pratek
- Penga-
matan
|
-Tes
Ketrampilan
- Tugas
- Tes
Ktrapilan
- Tugas
|
- Lakukan langkah
tunggal secara bergantian
- Lakukan langkah
kuda I
!
- Lakukan langkah
kuda II
!
- Lakukan
gerakan :
- Latihan 1
- Latihan 2
- Latihan 4
|
12 X 35
menit
((
4X pert)
3X
35
menit
(1X
pert
)
|
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 oleh Tim Abdi Guru Penerbit
Erlangga, hal 38 - 40
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4 oleh
Tim Abdi
Guru Penerbit Erlangga,
hal
41 - 43
|
SILABUS
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama
Sekolah :
................................................................
Bidang
studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/
tahun : I / .......
Standart
Kompetensi : 5 Menerapkan budaya hidup sehat
No
|
Kompentensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
2.
|
5.1 Menjaga
kebersihan rumah dan sekolah
5.2Membiasakan
membuang sampah pada tempatnya
|
a.
Kebersihan
lingkungan
1. Lingkungan dan
kesehatan
2. Kebersihan rumah
3. Kebersihan
sekolah
b.
Penanganan
sampah
1. Pengertian sampah
sampah
2. Permasalahan
sampah
c. Tata cara pemus
nahan sampah :
- penumpukan
- pengkoposan
- pembakaran
-sanitary landfill
|
5.1.1 Menjelaskan
tentang
lingkungan dan
kesehatan
5.1.2. Menyebutkan syarat-
syarat rumah sehat
5.1.3 Menjelaskan apa saja
yang perlu dibersihkan
dalam menjaga
kebersihan sekolah
5.2.1 mengetahui
bahaya
sampah
5.2.2 Mengetahui
tempat
pembuangan sampah
5.2.3 Menjelaskan cara
membuang sampah
|
A. Kebersihan
Lingkungan
1. Lingkungan
dan Kesehatan
2. Kebersihan
rumah
3. Kebersihan
Sekolah
B. Penanganan
Sampah
1. Pengertian
Sampah
2. Permasalahan
Sampah
3. Tata Cara
Pemusnahan
Samapah
a. Penumpukan
b. Pengkomposan
c. Pembakaran
d. Sanitary
Landfill
|
*Tes
Tulis
* Tanya
jawab
*Tugas
-
Tes
Tulis
-
Tes lesan/ tanya jawab
-
Tugas
|
- soal / Pengamatan
- soal / Pengamatan
|
-
Jelaskan pengertian lingkungan dan kesehatan !
-Sebutkan
syarat-syarat rumah sehat
-
Sebutkan kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggungjawab..
-
Sebukan bahaya sampah yang anda ketahui !
-
Jelaskan bagaimana membuang sampah yang baik !
-Sebutkan
tata cara pemusnahan sampah
|
6
X 35
menit
(2X
pert)
3
X 35
menit
(1Xpert
)
|
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4
oleh Tim
Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal
48 - 50
-Buku KTSP Penjasorkes
kelas 4
oleh Tim
Abdi Guru Penerbit
Erlangga,
hal
50 - 52
|
.....................................................
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala Sekolah Penjasorkes
( ) ( )
Nip. Nip.
Sumber : Team Erlangga
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment