SILABUS PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN
SEKOLAH : ............................................................................
KELAS : VI
SEMESTER :
I
MATA KULIAH :
PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam
permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||||||||||
1.1
Mempraktikkan
gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang
baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas
dan kejujuan.
|
Tenis Meja
|
1.1.1 Pengenalan tenis meja
1.1.2 Lapangan dan Lapangan Tenis Meja
1.1.3 Latihan dasar Tenis Meja
|
v Pembagian pemain
berdasarkan kelompok
v Sejarah Tenis Meja
v Meja,bed dan bola
v Cara memegang bad
v Memantul- mantulkan bola
|
- test
(perorangan)
|
- Test Ketrampilan
|
Lakukan/peragakan gerakan :
1. Memantul-memantulkan bola
2. Memegang bad
3. Posisi badan/siap sedia
4. Memukul bola
5. Menyemash/smash
6. Service bola
(Dengan kontrol dan koodinasi yang baik)
|
|
Buku Erlangga
hal. 2 - 4
|
||||||||
1.2 Mempraktikkan gerak
dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi yang baik dengan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran.
|
Basket
|
1.2.1 Pengenalan bola basket
1.2.2 Latihan dasar bola basket
1.2.3 Peraturan permainan
|
v Sejarah bola basket
v Ukuran dan lapangan bola basket
v Menggiring bola(Dribble)
v Melempar bola(Shooting)
v Bertumpu satu kaki(Pivot)
|
- test
(perorangan)
|
- Test Ketrampilan
|
- Demonstrasikan
gerakan :
1. Melempar bola dari atas
2. Mendrible bola
3.
|
|
Buku Erlangga
Hal 5 - 11
|
||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pmblj.
|
Kegiatan
Pembelajaan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.3Mempraktikkan
koordinasi gerak dasar dalam tehnik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.
|
Atletik
(Tolak peluru)
|
1.3.1 Pengenalan tolak peluru
1.3.2 Cara memegang tolak peluru
1.3.3 Cara meletakan peluru pada bahu
1.3.4 Tolakan tanpa awalan
1.3.5 Sikap awal menolak peluru
1.3.6 Sikap akhir menolak peluru
.
|
v Gerak dasar tolak peluru:
- pengenalan peluru
- cara memegang peluru
- cara meletakkan peluru
v Koordinasi gerak dasar :
- tolakan
- sikap akhir
|
- Test
(perorangan)
|
- Test Ketrampilan
|
- Lakukan macam-macam lari
- Lakukan posisi start
- Lakukan lari bom
- Lakukan cara mask garis finish
Peragakan :
- Cara memegang peluru
- Cara meletakkan peluru di bahu
- Cara menolak peluru tanpa awalan maupun
dengan awalan
- Sikap akhir setelah menolak
|
|
Buku Erlangga
Hal 12 - 15
|
||||||||
Standart Kompetensi : 2.
Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani)
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pmblj.
|
Kegiatan
Pembelajaan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
2.1
Mengdentifikasi
anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur.
|
Aktifitas
pengem
bangan
diri
(kebuga
ran)
|
2.1.1 Latihan daya tahan dan perbaikan postur tubuh
2.1.2 Latihan berangkai
|
v Latihan pemanasan:
a.Warming up
b. Inti
c. Pendinginan (Cooling down)
Latihan berangkai 4:
a. Lari ditempat
b. Naik turun tangga
c. Gerakan push up
d. Jalan kepiting
|
- Test
(perorangan)
|
- Test Ketrampilan
|
Berilah contoh gerakan :
Latihan kekutan otot-otot
pada lengan, bahu, siku, pinggang, tungkai dll.
|
|
Buku Erlangga
hal. 18 - 20
|
2.2
Mempraktikkan
berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta
nilai-nilai keselamatan diri pun kerja keras
|
Aktifitas
pengem
bangan
diri
(kebuga
ran)
|
2.2.1 Kebugaran Jasmani
|
v Latihan
gerakan kelentur-an:
- Otot leher
- Otot pinggang
- Persendian lutut
v Latihan kekuatan
- Latihan push up
- Mendorong grobak
- Tarik tambang
v Latihan gerakan menggunakan beban
|
- Test
(perorangan)
|
- Test Ketrampilan
|
v Lakukan gerakan :
- Mendorong gerobak
- Push-up
- Sit-up, Back-up
- Naik turun tangga
v Lakukan gerakan :
- Engklek / jingkat
|
|
Buku Erlangga
hal. 21 - 26
|
Standart Kompetensi : 3.
Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
Mengdentifikasi
anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur.
|
Senam Dasar
|
3.1.1 Melakukan gerakan pemanasan
sebelum
melakukan aktivitas
|
v Gerakannya menguatkan dan melemaskan :
- Persendihan leher
- Persendiahn lengan dan bahu
- Persendian pinggang.
-
|
Test
(perorangan/
kelompok)
|
Test Ketrampilan
|
- Lakukan gerakan-gerakan pemanasan
|
|
Buku Erlangga
hal. 30 - 32
|
Mempraktikkan
rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus,
jelas, lancar serta nilai-nilai percaya diri, disiplin dan estetika
|
Senam lantai dan senam ketang
kasan
|
3.2.1 Melakukan gerakan sikap awal,
sikap saat melakukan dan sikap
akhir pada rangkaian senam lantai
3.2.2
Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan & sikap akhir
pada rangkaian senam ketangkasan.
|
v Rangkaian gerakan :
- Roll depan
- Roll belakang
v Rangkaian gerakan :
- Handstand
- Meroda
- Balok titian
- Lompat kangkang diatas peti (box)
|
Test (individu)
Test (individu)
|
Test Ketrampilan
Test Ketrampilan
|
- Lakukan gerakan roll depan, roll belakang
- Lakukan gerakan :
§ handstand
§ meroda
§ balok titian
§ lompat kangkang
diatas peti
(box)
|
|
Buku Erlangga
hal. 32 - 36
|
Standart Kompetensi : 4.
Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhanaberpasangan dan beregu serta nilai-nilai
yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
4.1 Mempraktikkan latihan gerak ritmik dan
sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan serta nilai
kerja sama disiplin dan estetika
|
Senam
Irama
(ritmik)
|
4.1.1 Melakukan gerakan lokomotor (jalan, lari,
lompat) dengan berpasangan sambil bernyanyi maupun tepuk tangan
|
v Gerakan :
- Jalan
- Lari
- Jingkat
- Meluncur
- Lompat
- Loncat
dengan berpasangan
|
Test
(beregu/
berpasangan)
|
Test (ketrampilan)
|
- Lakukan gerakan jalan dan lompat secara
beregu sambil tepuk tangan atau bernyanyi
|
|
Buku Erlangga
hal. 40 - 42
|
4.2 Mempratikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana beregu dengan kompak serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika
|
|
4.2.1 Melakukan gerakan senam ritmik sikap
awal, sikap saat melakukan dan sikap akhir pada S I S
|
v Gerakan :
- Pemanasan
- Inti
- Pendinginan
|
Test
(beregu)
|
Test (ketrampilan)
|
Lakukan gerakan Senam Indonesia Sehat
- Pemanasan
- Inti
- Pendinginan
|
|
Buku Erlangga
hal. 43 -51
|
Standart Kompetensi : 5.
Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
5.1Mengenal bahaya Narkoba
|
Narkoba
|
5.1.1
Mengidentifikasi
& menjelaskan jenis-jenis narkoba serta bahayanya
.
5.1.2 Bahaya Narkoba
|
v Pengertian Narkoba
v Jenis-jenis Narkoba
v Dampak negative dari narkoba
v Bahaya terhadap fisik
v Akibat fatal penylahgunaan narkoba
v Mencegah dan menghindarinya.
|
Test
(perorangan/
kelompok)
|
Test
- tertulis
- lesan
|
- Jelaskan tentang Narkoba
- Sebutkan jenis Narkoba
- Jelaskan bahaya Narkoba
|
|
Buku Erlangga
hal. 54 - 58
|
Standart
Kompetensi : 6. Mempraktikan berbagai
gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||||||||
6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar
salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)
|
Bola Voli
|
6.1.1
Sejarah
6.1.2 Tehnik dasar permainan bola voli
|
v Tehnik servis :
- Bawah
- Atas
- Tinggi
v Tehnik pasing :
- Atas
- Bawah
v Tehnik smash
v Tehnik block
v Bermain bola voly dengan peraturan
sederhan dan benar
|
Test
(perorangan/
berpasangan)
Test
kelompok
|
Test ketrampilan
|
1. Praktek servis
2. Praktek pasing
3. Praktek smash
4. Praktek blok
5. Praktek bermain voly dengan peraturan
yang sederhana
6. Praktek bermain voly dengan peraturan
yang sebenarnya.
|
|
Buku Erlangga
hal. 62 -66
|
||||||
Mempraktikan
penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran
**)
|
Bulu Tagkis
|
6.2.1Sejarah
6.2.2Tehnik dasar permainan
|
v Memegang raket
- pegangan gabungan
- pegangan backhand
- pegangan geblak kasur
- pegangan Inggris
v Macam-macam pukulan (servis)
- pendek
- tinggi
- kejut
v Melakukan pukulan smash
|
Test
Perorangan
Test
kelompok
|
Test praktek
Test praktek
|
1. Praktek cara memegang raket
2. Praktek cara servis
3. Praktek cara smash
4. Praktek bermain bulu tangkis dengan
peraturan yang sebenarnya
|
|
Buku Erlangga
hal. 66 - 69
|
||||||
6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi
beberapa nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)
|
Atletik
(lari estafet, lompat tinggi)
|
6.3.1 Pengertian lari sambung
6.3.2 Bentuk-bentuk latihan dasar
6.3.3 Melakukan tehnik lari estafet
6.3.4 Melakukan dasar lompat tinggi
|
v Cara memberi tongkat ditempat
- Bawah
- Atas
v Cara menerima tongkat ditempat
- Bawah
- Atas
v Cara memberi dan menerima tongkat sambil
jalan
v Cara memberi dan menerima tongkat sambil
berlari
v Cara memegang tongkat
v Cara memberi dan menerima tongkat dengan
:
- melihat
- tidak melihat
v Melukan lari estafet dengan peraturan
yang sederhana
v Tahapan-tahapannya:
-awalan
-tolakan
-sikap
badan diatas mistar
-pendaratan
|
Test
(berpasangan)
Test
(individu)
|
Test praktek
Test
ketrampilan
|
1. Praktekan cara memegang tongkat
2. Praktekan cara memberi tongkat
3. Praktekan cara menerima tongkat
4. Praktekan perlombaan lari estafet dengan
teknik yang benar
Praktekan lompat
tinggi dengan tehnik yang benar
|
|
Buku Erlangga
hal. 69 - 72
Buku Erlangga
hal. 72 - 74
|
||||||
Standart Kompetensi 7. Mempraktikan latihan
peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
7.1Mempraktikan sikap hidup sehat untuk
memelihara kondisi kesehatan
|
Hidup Sehat
|
7.1.1
Menjelaskan
pengertian sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.1.2
Sebutka
manfaat sikap hidup sehat
7.1.3
Contoh-contoh
sikap hidup sehat
|
v Jelaskan pola hidup sehat
v Manfaat pola hidup sehat
|
Test
(perorangan/
berpasangan)
|
Test tertulis/ lisan
|
1. Jelaskan pola hidup sehat !
2. Sebutkan manfaat pola hidup sehat !
3. Berdasarkan contoh sikap hidup sehat dan
bersih !
|
|
Buku Erlangga
hal. 78 - 79
|
7.2Mempraktikan perenggangan otot dan
pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin.
|
Pereng
gangan
|
7.2.1
Melakukan
gerakan perenggangan statis dan perenggangan dinamis
7.2.2
Melakukan
gerakan pelemasan sendi
|
v Perenggangan statis dan dinamis
- leher
- pinggang
- tangan
- dada
- lengan
- anggota badan
v Gerakan pelemasan sendi
- sendi bahu
- sendi sikut
- sendi lutut
|
Test
(individu/
kelompok)
|
Test praktek
|
1. Lakukan perenggangan statis
2. Lakukan perenggangan dinamis
3. Lakukan gerakan pelemasan pada sendi
|
|
Buku Erlangga
hal. 80 - 81
|
7.3Mempraktikan kondisi pisik secara
terencana dan sungguh-sungguh
|
Progam latihan fisik
|
7.3.1
Melakukan
latihan fisik
|
v Merencanakan program latihan fisik
v Latihan fisik
|
Test
(individu/
kelompok)
|
Test ketrampilan/
praktek
|
Tes melakukan gerakan :
- lari selama 15 menit
|
|
Buku Erlangga
hal. 82
|
7.4Mempraktikan aktivitas secara
berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan,
disiplin dan keja keras
|
Latihan fisik
|
7.4.1
Melakukan
kondisi fisik (latihan dalam waktu tertetu) pos berangkai/ permainan
|
v Latihan fisik
- Pos berangkai/permainan
- Lari bolak balik
- Push up
- Naik tuun tanga
- Lompat tali
|
Test
(individu/
kelompok)
|
Test
ketrampilan/ praktek
|
Tes melakukan gerakan :
- latihan fisik melalui pos
berangkai/permainan
|
|
Buku Erlangga
hal. 86 - 87
|
Standart Kompetensi 8. Mempraktikan kombinasi senam
lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam
lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten dan kontrol yang baik serta
nilai keselamatan, displin dan kerja sama.
|
Senam
|
8.1.1 Melakukan gerakan sikap awal, saat
melakukan, sikap akhir
- headstand
- lompat kangkang
|
v Gerakan :
- Headstand
- Lompat kangkang diatas peti (box)
|
Test (Individu)
|
Test
ketrampilan
|
1. Lakukan gerakan headstand
2. Lakukan gerakan lompat
kangkang diatas peti (box)
3. Lakukan gerakan tiger
sprong diatas peti (box)
|
|
Buku Erlangga Hal. 88 - 90
|
Standart Kompetensi 9. Mempraktikan rangkaian gerak
ritmik, sederhana secara berpasangan maupun beregu dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
9.1Mempraktikan gerak ritmik sederhana
ditempat dengan gerakan membungkuk menekuk mupun meliuk secara berpasangan
dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika
|
Ritmik
|
9.1.1 Melakukan gerakan sikap awal saat
melakukan dan sikap akhir :
- Membungkuk, meliuk dan menekuk
|
v Gerakan :
- Membungkuk, meliuk dan menekuk
|
Test
|
Test ketrampilan
(unjuk kerja)
|
Lakukan gerakan :
Membungkuk, menekuk dan meliuk dengan bernyanyi
|
4 X 35 menit
|
Buku Erlangga Hal. 94 - 95
|
9.2Mempraktikan gerak ritmik sederhana
ditempat dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai
kerjasama disiplin dan estetika
|
Ritmik
|
9.2.1 Melakukan perbaikan gerakan skap
awal saat melakukan an siap akhir:
-
Jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu
9.2.2 Melakukan gerak ritmik dengan
alat(pita)
|
v Gerakan :
Jalan dn lompat secara berpasangn dan beregu
v Gerakan :
- Mengayun
- Melingkar
- Melempar
|
Test
|
Test ketrampilan
(unjuk keras)
|
Lakukan gerakan :
- Jalan dan lompat secara berpasangan dn
beregu
Lakukan gerakan :
- Mengayun
- Melingkar
- Melompat dengan pita
|
4 X 35 menit
|
Buku Erlangga Hal. 95 - 97
|
Standart Kompetensi 10. Mempraktikan gerak dasar salah
satu gaya
renang dengan koordinasi gerak yang baik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
10.1Mempraktikan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai, lengan renang
|
Renang
Renang
|
10.1.1
Melakukan
latihan dasar renang
10.1.2
Melakukan
sikap awal, sikap pada saat melakukan sikap akhir pada renang
|
v Gerakan :
- injak-injak air
- menyelam
- bermain lempar tangkap
v Gerakan :
- Start
- Meluncur
- Tunkai/ kaki
- Lengan/ tangan pada renang
|
Test individu / kelompok
Test individu / kelompok
|
Test praktek
Test praktek
|
1.Lakukan gerakan :
- injak-injak air
- menyelam
- lempar tangkap bola
2.Lakukan gerakan star :
- meluncur
- tungkai/kaki
- lengan
|
|
Buku Erlangga Hal. 100
|
10.2Mempraktikan cara bernafas salah satu
|
Renang
|
10.2.1Melakukan gerakan sikap awal, sikap
saat melakukan, sikap akhir pada renang
|
v Gerakan :
- Cara bernafas renang
|
Test individu / kelompok
|
Test praktek
|
3 Lakukan cara bernafas renang
|
|
Buku Erlangga Hal. 101
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
10.3Mempraktikan kombiasi gerakan lengan
dan tungkai dalam renang
|
Renang
|
10.3.1Melakukan gerakan
sikap awal, saat melakukan sikap akhir
- kombinasi gerakan lengan
dan tungkai
- kombinasi gerakan lengan,
tungkai ambil nafas (bernafas)
|
v Gerakan :
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai
- Kombinasi gerakan lengan, tungkai,
bernafas
|
Test individu
|
Test praktek
|
1.Lakukan kombinasi gerakan lengan dan
tungkai pada renang
2.Lakukan kombinasi geraan lengan,
tungkai dan bernafas pada renang
|
|
Buku Erlangga Hal. 102
|
10.4Mempraktikan dasar-dasar keselamatan
di air
|
Keselama
tan di
air
|
10.4.1Melakukan cara-cara menyelamatkan
seorang di kolam / di air
|
v Gerakan menolong tanpa alat
- dengan menangkap kepala korban
- dengan memegang ketiak korban
v Gerakan menolong memakai alat
- melempr pelampung ke koban
- mengulurkan tongkat
- melemparkan tali kekorban
|
Test (kelompok)
|
Test praktek
|
3.Lakukan cara menyelamatkan temanmu di kolam
|
|
Buku Erlangga Hal. 103 - 104
|
Standart Kompetensi 11. Mempraktikan penjelajahan dan
perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya****)
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
11.1Mempraktikan aktivitas penjelajahan
di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab,
disiplin dan keselamatan.
|
Penje
lajahan
|
11.1.1Melakukan/melaksanakan
kegiatan penjelajahan
|
- Menentukan jalan
- Mematuhi perintah-perintah dan prosedur
- Melengkapi masalah di jalan
- Memiliki kepedulian lingkungan
- Menjaga keselamatan dini di perjalanan
|
Test beregu / kelompok
|
Test lisan /
praktik (unjuk kerja)
|
1.Lakukan penjelajahan dengan hati-hati
|
|
Buku Erlangga Hal. 108
|
11.2Mempraktikan pemasangan kemah
bersama, serta nilai kerjasama tanggung jawab disiplin dan keselamatan
|
Perkema
han
|
11.2.2 Macam
perkemahan
Tahap-tahap berkemah
Perencanaan
Perlengkapan
Ketrampilan mendirikan tenda
|
- Merencanakan kemah
- Mempersiapkan alat-alat dan perlengkapan
- Mendirikan kemah / tenda
- Membuat api unggun
|
Test (kelompok)
|
Test ketrampilan
(unjuk kerja)
|
1. Lakukan cara pemasangan tenda!
2. Lakukan kegiatan dalam perkemahan!
|
|
Buku Erlangga Hal. 109 111
|
Standart Kompetensi 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
Pemblj.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Insrumen
|
||||||
12.1Mengenai cara menolak ajakan
menggunakan narkoba
|
Budaya hidup sehat
|
12.1.1Menjelaskan cara menolak ajakan
menggunakan narkoba
|
v Cara menghindari menggunakan narkoba:
-hindari dan jauhi rokok
-pilih lingkungan pergaulan yang sehat.
-menjalin komunikasi yang baik dengan
keluarga.
|
Test
perorangan/
kelompok)
|
Test
- teori
- lisan
|
1.Jelaskan cara menolak ajakan narkoba
|
|
Buku Erlangga Hal. 114 115
|
12.2Mengenal cara menolak perlakukan cara
pelecehan seksual
|
|
12.2.1Menjelaskan pengertian pelecehn
seksual
Menyebutkan perbuatan-perbuatan pelecehan seksual
Mengenal dan menghindari perlakuan pelecehan seksual
|
v Pengertian pelecehan seksual
v Pemahaman tentang pelecehan seksual.
v Menghindari perbuatan pelecehan seksual.
v Menolak tegas terhadap pelecehan seksual.
|
Test perorangan/
kelompok)
|
Test
- teori
- lisan
|
1.Jelaskan pengertian pelecehan seksual
2.Sebutkan bentuk-bentuk plecehan seksual
3.Bagaimana cara menghindari/meno
lak perlakuan pelecehan seksual
|
|
Buku Erlangga Hal. 117
|
Sumber : Tim Penjaskes Erlangga
Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menyebutkan sumber
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment