Silabus Penjasorkes Kelas VI Semester 1

Bookmark and Share
SILABUS PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN



SEKOLAH                :  ............................................................................
KELAS                      :  VI
SEMESTER              :  I
MATA KULIAH      :  PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN

Standar Kompetensi   : 1. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaan
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

1.1                  Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuan.

Tenis Meja

1.1.1 Pengenalan tenis meja
1.1.2 Lapangan dan Lapangan Tenis Meja
1.1.3 Latihan dasar Tenis Meja





v Pembagian pemain   berdasarkan kelompok
v Sejarah Tenis Meja
v Meja,bed dan bola
v Cara memegang bad
v Memantul- mantulkan bola


- test

(perorangan)

- Test  Ketrampilan

Lakukan/peragakan gerakan :
1.  Memantul-memantulkan bola
2.  Memegang bad
3.  Posisi badan/siap sedia
4.  Memukul bola
5.  Menyemash/smash
6.  Service bola
(Dengan kontrol dan koodinasi yang baik)


Buku Erlangga
hal. 2 - 4

1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran.

Basket

1.2.1 Pengenalan bola basket
1.2.2 Latihan dasar bola basket
1.2.3 Peraturan permainan




v  Sejarah bola basket
v  Ukuran dan lapangan bola basket
v  Menggiring bola(Dribble)
v  Melempar bola(Shooting)
v  Bertumpu satu kaki(Pivot)

- test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan

- Demonstrasikan  
  gerakan :
1.  Melempar bola dari atas
2.  Mendrible bola
3.   




Buku Erlangga
Hal 5 - 11

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pmblj.
Kegiatan Pembelajaan
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen










1.3Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam tehnik lari, lempar dan lompat  dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.

Atletik
(Tolak peluru)

1.3.1  Pengenalan tolak peluru
1.3.2  Cara memegang tolak peluru
1.3.3  Cara meletakan peluru pada bahu
1.3.4  Tolakan tanpa awalan
1.3.5  Sikap awal menolak peluru
1.3.6  Sikap akhir menolak peluru






.



v  Gerak dasar tolak peluru:
-    pengenalan peluru
-    cara memegang peluru
-    cara meletakkan peluru
v  Koordinasi gerak dasar :
-    tolakan
-    sikap akhir




- Test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan

-  Lakukan macam-macam lari
-  Lakukan posisi start
-  Lakukan lari bom
-  Lakukan cara mask garis finish

Peragakan :
-  Cara memegang peluru
-  Cara meletakkan peluru di bahu
-  Cara menolak peluru tanpa awalan maupun dengan awalan
-  Sikap akhir setelah menolak



Buku Erlangga
Hal 12 - 15











Standart Kompetensi  : 2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pmblj.
Kegiatan Pembelajaan

Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

2.1                                                   Mengdentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur.


Aktifitas
pengem
bangan
diri
(kebuga
ran)

2.1.1 Latihan daya tahan dan perbaikan postur tubuh



2.1.2 Latihan berangkai





v Latihan pemanasan:
a.Warming up
b. Inti
c. Pendinginan (Cooling down)
Latihan berangkai 4:
a. Lari ditempat
b. Naik turun tangga
c. Gerakan push up
d. Jalan kepiting

- Test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan

Berilah contoh gerakan :
Latihan kekutan otot-otot pada lengan, bahu, siku, pinggang, tungkai dll.



Buku Erlangga
hal. 18 - 20

2.2                                                   Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai-nilai keselamatan diri pun kerja keras


Aktifitas
pengem
bangan
diri
(kebuga
ran)

2.2.1 Kebugaran Jasmani





v  Latihan gerakan kelentur-an:
-   Otot leher
-   Otot pinggang
-   Persendian lutut

v Latihan kekuatan
-   Latihan push up
-   Mendorong grobak
-   Tarik tambang

v Latihan gerakan menggunakan beban

- Test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan

v Lakukan gerakan :
-  Mendorong gerobak
-  Push-up
-  Sit-up, Back-up
-  Naik turun tangga
v Lakukan gerakan :
-  Engklek / jingkat


Buku Erlangga
hal. 21 - 26




Standart Kompetensi  : 3. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaan
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

          Mengdentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur.


Senam Dasar


3.1.1 Melakukan gerakan pemanasan  
          sebelum melakukan aktivitas






v Gerakannya menguatkan dan melemaskan :
-  Persendihan leher
-  Persendiahn lengan dan bahu
-  Persendian pinggang.

-   

Test
(perorangan/
kelompok)

Test  Ketrampilan

- Lakukan gerakan-gerakan pemanasan







Buku Erlangga
hal. 30 - 32

          Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas, lancar serta nilai-nilai percaya diri, disiplin dan estetika


Senam lantai dan senam ketang
kasan


3.2.1 Melakukan gerakan sikap awal, 
          sikap saat melakukan dan sikap 
          akhir pada rangkaian senam lantai

3.2.2  Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan & sikap akhir pada rangkaian senam ketangkasan.




v Rangkaian gerakan :
-  Roll depan
-  Roll belakang

v Rangkaian gerakan :
-  Handstand
-  Meroda
-  Balok titian
-  Lompat kangkang diatas peti (box)


Test (individu)


Test (individu)

Test  Ketrampilan


Test  Ketrampilan

- Lakukan gerakan roll depan, roll belakang

- Lakukan gerakan :
§ handstand
§ meroda
§ balok titian
§ lompat kangkang
   diatas peti (box)



Buku Erlangga
hal. 32 - 36




Standart Kompetensi  : 4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhanaberpasangan dan beregu serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaan
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

4.1  Mempraktikkan latihan gerak ritmik dan sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan serta nilai kerja sama disiplin dan estetika

Senam
Irama
(ritmik)


4.1.1  Melakukan gerakan lokomotor (jalan, lari, lompat) dengan berpasangan sambil bernyanyi maupun tepuk tangan

v Gerakan :
-  Jalan
-  Lari
-  Jingkat
-  Meluncur
-  Lompat
-  Loncat
dengan berpasangan


Test
(beregu/
berpasangan)

Test  (ketrampilan)

- Lakukan gerakan jalan dan lompat secara beregu sambil tepuk tangan atau bernyanyi


Buku Erlangga
hal. 40 - 42

4.2  Mempratikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika




4.2.1  Melakukan gerakan senam ritmik sikap awal, sikap saat melakukan dan sikap akhir pada S I S

v Gerakan :
-  Pemanasan
-  Inti
-  Pendinginan


Test
(beregu)

Test  (ketrampilan)

Lakukan gerakan Senam Indonesia Sehat
-  Pemanasan
-  Inti
-  Pendinginan



Buku Erlangga
hal. 43 -51









Standart Kompetensi  : 5. Menerapkan budaya hidup sehat


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

5.1Mengenal bahaya Narkoba

Narkoba


5.1.1         Mengidentifikasi & menjelaskan jenis-jenis narkoba serta bahayanya
.
5.1.2 Bahaya Narkoba

v Pengertian Narkoba
v Jenis-jenis Narkoba
v Dampak negative dari narkoba
v  Bahaya terhadap fisik
v  Akibat fatal penylahgunaan narkoba
v  Mencegah dan menghindarinya.

Test
(perorangan/
kelompok)


Test 
-   tertulis
-   lesan

- Jelaskan tentang Narkoba
- Sebutkan jenis Narkoba
- Jelaskan bahaya Narkoba



Buku Erlangga
hal. 54 - 58
















Standart Kompetensi  : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)

Bola Voli



 6.1.1 Sejarah

 6.1.2 Tehnik dasar permainan bola voli









v Tehnik servis :
-   Bawah
-   Atas
-   Tinggi
v Tehnik pasing :
-   Atas
-   Bawah
v Tehnik smash
v Tehnik block
v Bermain bola voly dengan peraturan sederhan dan benar



Test
(perorangan/
berpasangan)






Test
kelompok



Test  ketrampilan

1.    Praktek servis
2.    Praktek pasing
3.    Praktek smash
4.    Praktek blok
5.    Praktek bermain voly dengan peraturan yang sederhana
6.    Praktek bermain voly dengan peraturan yang sebenarnya.


Buku Erlangga
hal. 62 -66

            Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran **)


Bulu Tagkis


6.2.1Sejarah

6.2.2Tehnik dasar permainan









v Memegang raket
-   pegangan gabungan
-   pegangan backhand
-   pegangan geblak kasur
-   pegangan Inggris
v Macam-macam pukulan (servis)
-   pendek
-   tinggi
-   kejut
v Melakukan pukulan smash

Test
Perorangan





Test
kelompok



Test praktek






Test praktek



1.  Praktek cara memegang raket
2.  Praktek cara servis
3.  Praktek cara smash



4.  Praktek bermain bulu tangkis dengan peraturan yang sebenarnya


Buku Erlangga
hal. 66 - 69

6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)

Atletik
(lari estafet, lompat tinggi)


6.3.1 Pengertian lari sambung
6.3.2 Bentuk-bentuk latihan dasar



















6.3.3 Melakukan tehnik lari estafet


6.3.4 Melakukan dasar lompat tinggi






v Cara memberi tongkat ditempat
-   Bawah
-   Atas
v Cara menerima tongkat ditempat
-   Bawah
-   Atas
v Cara memberi dan menerima tongkat sambil jalan
v Cara memberi dan menerima tongkat sambil berlari
v Cara memegang tongkat
v Cara memberi dan menerima tongkat dengan :
-   melihat
-   tidak melihat
v Melukan lari estafet dengan peraturan yang sederhana

v  Tahapan-tahapannya: 
    -awalan
    -tolakan
    -sikap badan diatas    mistar
    -pendaratan

Test
(berpasangan)






















Test
(individu)

Test praktek























Test
ketrampilan

1. Praktekan cara memegang tongkat
2. Praktekan cara memberi tongkat
3. Praktekan cara menerima tongkat
4. Praktekan perlombaan lari estafet dengan teknik yang benar














Praktekan lompat tinggi dengan tehnik yang benar


Buku Erlangga
hal. 69 - 72





















Buku Erlangga
hal. 72 - 74





Standart Kompetensi 7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

7.1Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan

Hidup Sehat


7.1.1             Menjelaskan pengertian sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.1.2             Sebutka manfaat sikap hidup sehat
7.1.3             Contoh-contoh sikap hidup sehat




v Jelaskan pola hidup sehat


v Manfaat pola hidup sehat

Test
(perorangan/
berpasangan)


Test  tertulis/ lisan

1.  Jelaskan pola hidup sehat !
2.  Sebutkan manfaat pola hidup sehat !
3.  Berdasarkan contoh sikap hidup sehat dan bersih !


Buku Erlangga
hal. 78 - 79

7.2Mempraktikan perenggangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin.


Pereng
gangan


7.2.1             Melakukan gerakan perenggangan statis dan perenggangan dinamis






7.2.2             Melakukan gerakan pelemasan sendi





v Perenggangan statis dan dinamis
-   leher
-   pinggang
-   tangan
-   dada
-   lengan
-   anggota badan
v Gerakan pelemasan sendi
-   sendi bahu
-   sendi sikut
-   sendi lutut

Test
(individu/
kelompok)


Test praktek








1.  Lakukan perenggangan statis
2.  Lakukan perenggangan dinamis


3.  Lakukan gerakan pelemasan pada sendi





Buku Erlangga
hal. 80 - 81

7.3Mempraktikan kondisi pisik secara terencana dan sungguh-sungguh


Progam latihan fisik

7.3.1             Melakukan latihan fisik



v Merencanakan program latihan fisik
v Latihan fisik


Test
(individu/
kelompok)


Test ketrampilan/ praktek


Tes melakukan gerakan :
- lari selama 15 menit



Buku Erlangga
hal. 82


7.4Mempraktikan aktivitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan, disiplin dan keja keras


Latihan fisik


7.4.1             Melakukan kondisi fisik (latihan dalam waktu tertetu) pos berangkai/ permainan



v Latihan fisik
-   Pos berangkai/permainan
-   Lari bolak balik
-   Push up
-   Naik tuun tanga
-   Lompat tali


Test
(individu/
kelompok)


Test ketrampilan/ praktek


Tes melakukan gerakan :
-    latihan fisik melalui pos berangkai/permainan




Buku Erlangga
hal. 86 - 87


Standart Kompetensi 8. Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

8.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten dan kontrol yang baik serta nilai keselamatan, displin dan kerja sama.


Senam

8.1.1   Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir
-   headstand
-   lompat kangkang




v Gerakan :
-      Headstand
-      Lompat kangkang diatas peti (box)



Test (Individu)


Test
ketrampilan




1. Lakukan gerakan   headstand
2. Lakukan gerakan lompat kangkang diatas peti (box)
3. Lakukan gerakan tiger sprong diatas peti (box)





Buku Erlangga Hal. 88 - 90







Standart Kompetensi 9. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik, sederhana secara berpasangan maupun beregu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

9.1Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan gerakan membungkuk menekuk mupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika


Ritmik


9.1.1 Melakukan gerakan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir :
- Membungkuk, meliuk dan menekuk






v Gerakan :
- Membungkuk, meliuk dan menekuk







Test


Test ketrampilan (unjuk kerja)

Lakukan gerakan :
Membungkuk, menekuk dan meliuk dengan bernyanyi

4 X 35 menit

Buku Erlangga Hal. 94 - 95

9.2Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika


Ritmik

9.2.1 Melakukan perbaikan gerakan skap awal saat melakukan an siap akhir:
-  Jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu
9.2.2 Melakukan gerak ritmik dengan alat(pita)

v Gerakan :
Jalan dn lompat secara berpasangn dan beregu

v Gerakan :
-   Mengayun
-   Melingkar
-   Melempar


Test


Test ketrampilan (unjuk keras)






Lakukan gerakan :
-   Jalan dan lompat secara berpasangan dn beregu
Lakukan gerakan :
-   Mengayun
-   Melingkar
-   Melompat dengan pita

4 X 35 menit

Buku Erlangga Hal. 95 - 97




Standart Kompetensi 10. Mempraktikan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

10.1Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian disiplin dan estetika


Renang




Renang gaya dada


10.1.1         Melakukan latihan dasar renang




10.1.2         Melakukan sikap awal, sikap pada saat melakukan sikap akhir pada renang gaya dada







v Gerakan :
-   injak-injak air
-   menyelam
-   bermain lempar tangkap

v Gerakan :
-   Start
-   Meluncur
-   Tunkai/ kaki
-   Lengan/ tangan pada renang gaya dada


Test individu / kelompok



Test individu / kelompok


Test praktek




Test praktek

1.Lakukan gerakan :
-    injak-injak air
-    menyelam
-    lempar tangkap bola
2.Lakukan gerakan  star :
-    meluncur
-    tungkai/kaki
-    lengan



Buku Erlangga Hal. 100

10.2Mempraktikan cara bernafas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian disiplin dan kebersihan


Renang gaya dada


10.2.1Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan, sikap akhir pada renang gaya dada


v Gerakan :
-   Cara bernafas renang gaya dada

Test individu / kelompok



Test praktek




3 Lakukan cara  bernafas renang gaya dada


Buku Erlangga Hal. 101






Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

10.3Mempraktikan kombiasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin


Renang gaya dada


10.3.1Melakukan gerakan sikap awal,   saat melakukan sikap akhir
- kombinasi gerakan lengan dan tungkai
- kombinasi gerakan lengan, tungkai ambil nafas (bernafas)




v Gerakan :
-   Kombinasi gerakan lengan dan tungkai
-   Kombinasi gerakan lengan, tungkai, bernafas


Test individu


Test praktek






1.Lakukan kombinasi gerakan lengan dan tungkai pada renang gaya dada
2.Lakukan kombinasi geraan lengan, tungkai dan bernafas pada renang gaya dada




Buku Erlangga Hal. 102

10.4Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air


Keselama
tan di
air


10.4.1Melakukan cara-cara menyelamatkan seorang di kolam / di air


v Gerakan menolong tanpa alat
-   dengan menangkap kepala korban
-   dengan memegang ketiak korban
v Gerakan menolong memakai alat
-     melempr pelampung ke koban
-     mengulurkan tongkat
-     melemparkan tali kekorban



Test  (kelompok)



Test praktek




3.Lakukan cara  menyelamatkan temanmu di kolam


Buku Erlangga Hal. 103 - 104





Standart Kompetensi 11. Mempraktikan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya****)



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

11.1Mempraktikan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.


Penje
lajahan

11.1.1Melakukan/melaksanakan kegiatan penjelajahan











-    Menentukan jalan
-    Mematuhi perintah-perintah dan prosedur
-    Melengkapi masalah di jalan
-    Memiliki kepedulian lingkungan
-    Menjaga keselamatan dini di perjalanan

Test beregu / kelompok





Test lisan / praktik (unjuk kerja)






1.Lakukan penjelajahan dengan hati-hati




Buku Erlangga Hal. 108

11.2Mempraktikan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama tanggung jawab disiplin dan keselamatan


Perkema
han

11.2.2 Macam perkemahan
           Tahap-tahap berkemah
           Perencanaan
           Perlengkapan
           Ketrampilan mendirikan tenda


-   Merencanakan kemah
-   Mempersiapkan alat-alat dan perlengkapan
-   Mendirikan kemah / tenda
-   Membuat api unggun

Test  (kelompok)



Test ketrampilan
(unjuk kerja)


1.  Lakukan cara pemasangan tenda!
2.  Lakukan kegiatan dalam perkemahan!


Buku Erlangga Hal. 109 111





Standart Kompetensi 12. Menerapkan budaya hidup sehat



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen

12.1Mengenai cara menolak ajakan menggunakan narkoba


Budaya hidup sehat

12.1.1Menjelaskan cara menolak ajakan menggunakan narkoba


v Cara menghindari  menggunakan narkoba:
-hindari dan jauhi rokok
-pilih lingkungan pergaulan yang sehat.
-menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga.


Test  perorangan/
kelompok)



Test
- teori
- lisan




1.Jelaskan cara menolak ajakan narkoba




Buku Erlangga Hal. 114 115

12.2Mengenal cara menolak perlakukan cara pelecehan seksual




12.2.1Menjelaskan pengertian pelecehn seksual
Menyebutkan perbuatan-perbuatan pelecehan seksual
Mengenal dan menghindari perlakuan pelecehan seksual

v Pengertian pelecehan seksual
v Pemahaman tentang pelecehan seksual.
v Menghindari perbuatan pelecehan seksual.
v Menolak tegas terhadap pelecehan seksual.

Test  perorangan/
kelompok)



Test
- teori
- lisan



1.Jelaskan pengertian pelecehan seksual
2.Sebutkan bentuk-bentuk plecehan seksual
3.Bagaimana cara menghindari/meno
   lak perlakuan pelecehan seksual



Buku Erlangga Hal. 117

Sumber : Tim Penjaskes Erlangga 
Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menyebutkan sumber 

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment