R
P P
RECANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
Mata
pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/
Semester : IV / I
Standar
Kompetensi : 1 Mempraktikan gerak
dasar sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
dasar : 1.1 Mempraktikan gerak
dasar dan permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi
serta nilai kerjasama, sportifitas dan kejujuran
Indikator : A. Kasti
- Alat dan lapangan permainan kasti
- Peraturan permainan
- Tehnik dasar permainan
- Bermain Kasti dengan peraturan sederhana
Alokasi waktu : 9
X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan
pembelajaran
a.
Siswa dapat menjelaskan alat
dalam bermain kasti
b. Siswa dapan menggambar lapangan
permainan kasti
c. Siswa dapat mengetahui peraturan dalam
permainan kasti
d. Siswa dapat melakukan melempar dan
menangkap bola kasti
e. Siswa dapat melakukan beberapa cara
memukul bola kasti
f. Siswa dapat melakukan bermain kasti
dengan peraturan sederhana
B. Materi
Pembelajaran
a.
Kasti :
1. Alat dan Lapangan Permainan kasti
2.
Peraturan permainan
b. Tehnik dasar bermain kasti
- melempar dan menangkap bola
- memukul bola
c. Bermain kasti dengan peraturan
sederhana
C. Metode
Pembelajaran
~ Tanya jawab
~ Ceramah
~ Demontrasi
~ Tugas
~ Latihan
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan I
Pendahuluan
- Berbaris, berdo^a, apersepsi, dan
pemanasan
Inti :
a.
Siswa dapat menjelaskan alat
dalam bermain kasti
b. Siswa dapan menggambar lapangan
permainan kasti
c. Siswa dapat mengetahui
peraturan dalam permainan kasti
Penutup
- Berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo`a dan bubar
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
- Berbaris, berdo`a persensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
d. Siswa dapat melakukan melempar dan menangkap bola kasti
e. Siswa dapat melakukan beberapa cara
memukul bola kasti
3.
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
~ Memberikan motivasi dan menjelaskan
pembelajaran
Inti
:
f.
Siswa dapat melakukan bermain kasti dengan peraturan sederhana
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi
pembelajaran , berdo`a dan bubar
E. Sumber belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4, Tim Abdi Guru., Penerbit Erlangga hal : 2 - 4
F. Penilaian
1.
Tehnik Penilaian
~ Tes tulis
~ Tes praktik
2. ~ Tes Tulis :
1. Sebukan alat-alat yang harus
disiapkan dalam bermain kasti !
2. Gambarlah lapangan kasti
lengkap dengan ukurannya
3. Sebutkan peraturan-peraturan
permainan kasti yang anda ketahui
~ Tes Praktik
1. Lakukan lempar tangkap dengan
temanmu sebanyak 20 kali
2. Lakukan memukul bola kasti
sebanyak 10 kali pukul
3. Rubrik Penilaian
Rubrik
Penilaian
Unjuk
Kerja Permainan Tonnis
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak/ pengetahuan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1. Sebukan
alat-alat yang harus disiapkan dalam
bermain kasti !
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Gambarlah
lapangan kasti lengkap dengan ukurannya
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Sebutkan
peraturan-peraturan permainan kasti yang
anda ketahui
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Lakukan
lempar tangkap dengan temanmu sebanyak
20 kali
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Lakukan
memukul bola kasti sebanyak 10 kali pukulan
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||||
Jumlah
Scor Maximum :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RECANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
Mata
pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/
Semester : IV / I
Standar
Kompetensi : 1 Mempraktikan gerak
dasar sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
dasar : 1.2. Mempraktikan gerak dasar dan permainan bola
kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi
serta nilai kerjasama, sportifitas dan kejujuran
Indikator : B. Tonnis
- Alat dan Lapangan Permianan
- Peraturan Permainan
- Tehnik Dasar Permainan Permaian Tonnis
Alokasi
waktu :
9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan
pembelajaran
a.
Siswa dapat :
~ Menjelaskan pengertian permainan
tonnis
~ Menyebutkan sarana dan prasaranan
bermain tonnis
~ Melakukan dasar-dasar cara bermain
tonnis
b.
Melakukan bermain tonnis dengan peraturan
B. Materi
Pembelajaran
1. Permainan Bola Kecil ( Permaianan tonnis )
~ Menjelaskan permainan tonnis
~ Menyebutkan sarana dan prasarana
permainan tonnis
~ Dasar-dasar bermain tonnis :
- Cara memegang raket
- Posisi berdiri
- Posisi / sikap berdiri
- Ayunan lengan
- Macam-macam pukulan
2. Bermain permainan tonnis
C. Metode
Pembelajaran
~ Tanya jawab
~ Ceramah
~ Demontrasi
~ Tugas
~ Latihan
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan I
Pendahuluan
- Berbaris, berdo^a, apersepsi, dan
pemanasan
Inti :
~ Memberi pertanyaan mengenai
permainan tonnis
~ Menjelaskan pengertian tonnis
~ Menjelaskan dan mempraktikan :
- Cara memegang raket
- Sikap berdiri
- Ayunan lengan tanpa bola
- macam-macam pukulan tanpa
Penutup
:
- Berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo`a dan bubar
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
- Berbaris, berdo`a persensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
~ Mempraktikan Cara memegang raket dan
memukul bola
~ Mempraktikan gerakan posisi/sikap
memukul dengan memukul bola
~ Mempraktikan gerakan lengan dengan
memukul bola
~ Mempratikan macam-macam pukulan
dengan memukul bola
~ Bermain Permainan tonnis dengan
peraturan
3.
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
~ Memberikan motivasi dan menjelaskan
pembelajaran
Inti :
~ Bermain tonnis dengan peraturan – peraturan.
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi
pembelajaran , berdo`a dan bubar
E. Sumber belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4, Tim Abdi Guru., Penerbit Erlangga hal : 5 - 7
F. Penilaian
1.
Tehnik Penilaian
~ Tes tulis
~ Tes praktik
3. ~ Tes Tulis :
a. Pengertian Permainan Tonnis
b. Menyebutkan sarana dan
prasarana permainan tonnis
c. Menjelaskan macam-macam cara
memegang raket
d. Menyebutkan peraturan-peraturan
permainan bermain tonnis
~ Tes Praktik
a. Lakukan Pukulan forehand
b. Melakuak pukulan backhand
c. Melakukan service
4. Rubrik Penilaian
Rubrik
Penilaian
Unjuk
Kerja Permainan Tonnis
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak / pengetahuan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1.
Menjelaskan Pengertian permaianan tonnis
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Menyebutkan sarana dan prasaranan bermaian tonnis
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Menjelaskan macam-macam cara memegang raket
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Menyebutkan peraturan-peraturan bermain tonnis
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Melakukan pukulan forehand
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Melakukan pukulan backhand
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Melakukan service 10 X
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||||
Jumlah
Scor Maximum :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas
/ Semester : IV / I
Standar
Kompetensi : 1.2 Mempraktikan gerak
Dasar Atletik sederhana
Indikator : C. Atletik
-
Latihan lari
-
Lari mengangkat Paha
-
Lari tumit ke belakang
-Lari
tungkai disepakan ke belakang
-
Lari santai ( Joging )
-
Lari cepat ( Sprint )
-
Lomba Lari memindahkan batu
A. Alokasi Waktu : 12 X 35 menit ( 4 X pertemuan )
a. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan lari mengangkat paha
~ Siswa dapat melakukan lari tumit
ke belakang
~ Siswa dapat melakukan lari tungkai
disepakan ke depan
~ Siswa dapat melakukan lari santai
( joging )
~ Siswa dapat melakukan lari cepat
~ Siswa dapat melakukan lomba lari
memundahkan batu
B. Materi
Pembelajaran
1.
Lari mengangkat paha
2. Lari tumit ke belakang
3. Lari tungkai disepakan ke depan
4. Lari santai ( joging )
5. Lari cepat ( sprint )
6. Lomba memindahkan batu
C. Metode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
~ Tanya jawab
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti
:
1
Siswa dapat melakukan lari mengangkat paha
2. Siswa dapat melakukan lari tumit
ke belakang
3. Siswa dapat melakukan lari
tungkai disepakan ke depan
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi
pembelajaran, berdo`a dan bubar
2. Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti
:
4.
Lari santai ( joging )
5. Lari cepat ( sprint )
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi
pembelajaran, berdo`a dan bubar
3.
Pertemiuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti
:
6. Lomba memindahkan batu
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi dan
penjelasan guru
5.
Pertemuan
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti
:
- Penilaian lari sprint
- Penilaian lari lomba memindahkan
batu
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi dan
penjelasan guru
E. Sumber Belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 5 - 7
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian
~ Tes praktik
a. Lakukan jongkok bediri sebanyak mungkin sesuai
waktu yang ditentukan
b. Lakukan Pus up sebanyak munkin sesuai dengan
kemampuanmu !
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK
KERJA GERAK DASAR SENAM
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
|
1
|
2
|
|
1.
Jongkok berdiri sebanyak mungkin sesuai waktu yang ditetukan
|
|
|
2. Lakukan Pus up
sebanyak munkin sesuai dengan kemampuanmu !
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Ni.
R
P P
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas
/ Semester : IV / I
Kompetensi
Dasar : 1.3 Mempratikan gerak dasar permainan bola
besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
kerjasama, sportifitas dan kejujuran
Indikator : D. Sepak Bola
-
Jumlah Pemain dan Lama permainan
-
Lapangan Sepak Bola
1. Tehnik Dasar Menendang bola
-
Tendangan dengan kura-kura kaki
- Tendangan dengan kaki bagian dalam
-
Tendangan kaki bagian luar
*
Tehnik dasar lainnya
-
Menggiring bola
-
Mengirim bola
2.
Bermain bola dengan peraturan yang
dimodifik
Alokasi
waktu : 12 X
35 menit ( 4 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa dapat :
~
Menjelaskan jumlah pemain dan lama permainan
~ Menggambar dan menjeaskan lapangan
sepak bola
~ Melakukan tehnik dasar menyepak bola dengan :
* Tendangan dengan kura-kura kaki
* Tendangan kaki bagian dalam
* Tendangan kaki bagian luar
* Menggiring bola
*
Mengirim bola
b. Siswa dapat bermain sepak bola dengan
peraturan yang dimodifikasi
B. Materi
Pembelajaran
1. Jumlah pemain dala lama permainan
2. Lapangan sepak bola
3.
Tendangan dengan kura-kura kaki
4. Tendangan kaki bagian dalam
5. Tendangan kaki bagian luar
6.
Menggiring bola
7.
Mengirim bola
8.
Bermain bola dengan peraturan yang domodifikasi
C. Metode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
~ Tanya jawab
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
1. Jumlah pemain dala lama permainan
2. Lapangan sepak bola
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi proses
pembelajaran, tanya jawab, berdo`a dan bubar
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi, dan pemanasan
Inti :
3. Tendangan dengan kura-kura kaki
4. Tendangan kaki bagian dalam
5. Tendangan kaki bagian luar
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi
proses pembelajaran, berdo`a dan bubar
3. Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
6. Menggiring bola
7.
Mengirim bola
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi
proses pembelajaran, berdo`a dan bubar
4. Pertemuan IV
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
8.
Bermain bola dengan peraturan yang domodifikasi
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi
proses pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 8 - 11
F. Penilaian
1.
Tehnik Penilaian
~ Tes Praktik
a. Lakukan menggiring bola
melewati rintangan yang berbelok-belok !
b. Lakukan menendang bola ke
sasaran
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SEPAK
BOLA
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
|
1
|
2
|
|
1. Lakukan menggiring bola melewati
rintangan yang berbelok-belok !
|
|
|
2. Lakuian
menendang bola ke sasaran
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Standar
Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan
untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar : 2.1 Mempraktikan aktivitas
permainan sederhana untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot, serta nilaia
kerja keras dan disiplin
Lokasi
Waktu : 9 X 35
menit
( 3 X pertemuan )
Indikator : A.
Latihan Daya Tahan Dan Kekuatan
1. Lari jelajah sekolahan
2. sit up
3.
Menirukan gerakan anjing laut
4.
Mengangkat tubuh
5.
Menirukan gerakan kepiting berjalan
6.
Jongkok berdiri
7.
Permainan berangkai 4 pos
A. Tujuan
Pembelajaran
~ Siswa
dapat melakukan :
- Lari jelajah sekolahan
- sit up
- Menirukan gerakan anjing laut
- Mengangkat tubuh
- Menirukan gerakan kepiting berjalan
- Jongkok berdiri
- Permainan berangkai 4 pos
B. Materi
Pembelajaran
Latihan daya tahan dan kekuatan
1.
Lari jelajah sekolahan
2. sit up
3. Menirukan gerakan anjing laut
4.
Mengangkat tubuh
5.
Menirukan gerakan kepiting berjalan
6. Jongkok berdiri
7. Permainan berangkai 4 pos
C. Metode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
1. Lari
jelajah sekolahan
2. sit up
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a
dan bubar.
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi, dan pemanasan
Inti :
3. Menirukan gerakan anjing laut
4.
Mengangkat tubuh
5.
Menirukan gerakan kepiting berjalan
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
bero`a dan bubar.
3. Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
6. Jongkok berdiri
7. Permainan berangkai 4 pos
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi
Guru, Penerbit Erlangga hal : 11 - 14
F. Penilaian
1. Tehnik tes
-Tes Praktik ( Psikomotor )
a.
Lakukan Gerakan sit up sebanyak mungkin sesuai waktu yang ditentukan !
b. Lakukan lomba menirukan kepiting
berjalan dengan jarak 20 meter
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA MELATIH
DAYA TAHAN DAN KEKUATAN OTOT
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
|
1
|
2
|
|
1. Lakukan
Gerakan sit up sebanyak mungkin sesuai waktu yang
ditentukan !
|
|
|
2. Lakukan
lomba menirukan kepiting berjalan
dengan jarak 20
meter
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
(
)
(
)
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD. Negeri Kartini I B
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar
Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan
untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
Standar
Kompetensi : 2.2 Mempraktikan
aktivitas permainan untuk melatih dan koordinasi serta nilai kerja keras
Indikator : B.
Latihan Kelentukan
1.
Dudu selunjur
2.
Permainan timbangan
3. Senam jongkok
Alokasi
Waktu : 6 X 35 menit ( 2 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan permaian duduk selunjur
berpasangan
2. Siswa dapat melakukan permainan timbangan
3. Siswa dapat melakukan permainan senam jongkok
B. Materi
Pembelajaran
Latihan
Kelenturan
1. Duduk terselunjur
2. Permainan timbangan
3. Senam jongkok
C. Medode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
1. Duduk terselunjur
2. Permainan timbangan
3. Senam jongkok
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
Pertemuan
II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi
dan penugasan
Inti :
Mengulangi pelajaran
yang lalu dilanjutkan penilaian
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 18 - 21
F. Penilaian
Tes Pengamatan ketrampilan ( Psikomotor )
1.
Permaian duduk selunjur berpasangan
2.
Permainan timbangan
3.
Permainan senam jongkok
2.
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA MENINGKATKAN
KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1.
Permaian duduk selunjur berpasangan
|
|
|
|
|
|
2.
Permainan timbangan
|
|
|
|
|
|
3.
Permainan senam jongkok
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Kompetensi
Dasar : 3 Mempraktikan berbagai
bentuk latihan senam lanatai yang lebih
komplek dan nilai yang terkandung
di dalamnya
Standar
Kompetensi : 3.1 Mempraktikan kombinasi
gerak senam lantai tanpa alat dengan
Memperhatikan faktor keselamatan, dan
nilai disiplin dan keberanian
Indikator : 1. Keseimbangan
( Berdiri dengan satu kaki )
2. Gerakan meloncat dengan merubah arah
3. Sikap kayang
4. Gerakan meroda
5. Gerobak dorong
Alokasi Waktu : 9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
~ Siswa Dapat melakukan gerakan keseimbangan
( berdiri dengan satu kaki )
~ Siswa dapat melakukan gerakan meloncat
dengan merubah arah
~ Siswa dapat melakukan gerakan kayang
~ Siswa dapat melakukan gerakan meroda
~ Siswa dapat melakukan gerobak dorong
B. Materi Pembelajaran
~ Senam Lantai Tanpa Alat
~ Siswa melakukan gerakan keseimbangan (
berdiri dengan satu kaki )
~ Siswa melakukan gerakan meloncat dengan
merubah arah
~ Siswa melakukan gerakan kayang
~ Siswa melakukan gerakan meroda
~ Siswa t melakukan gerobak dorong
C. Medode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
1.
Berdiri dengan satu kaki
2. Gerakan meloncat dengan merubah arah
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
Pertemuan
II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
3. Berjalan dengan kedua tangan
berpasangan
4. Gerakan meroda
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 22 - 23
F. Penilaian
1. Tes unjuk Kerja ( Psikomotor )
a. Lakukan
gerakan meloncat dengan merubah arah
b.
Lakukan gerakan kayang
c. Lakukan gerakan merod
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
LANTAI TANPA ALAT
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
Lakukan gerakan meloncat dengan
merubah arah
|
|
|
|
|
2.
Lakukan gerakan sikap kayang
|
|
|
|
|
3.
Lakukan gerakan meroda
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Kompetensi
Dasar : 3 Mempraktikan berbagai
bentuk latihan senam lantai yang lebih
komplek dan nilai yang terkandung
di dalamnya
Standar
Kompetensi : 3.2. Mempraktikan
kombinasi gerak senam lantai dengan alat dengan
memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai-nilai disiplin serta
keberanian
Indikator : 1. Lompat kangkang
melewati teman
2. Lompat jongkok melewati rintangan peti
lompat
3. Guling depan
4.
Guling ke belakang
Alokasi
Waktu : 9 X 35 menit ( 3 X Pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
~
Siswa dapat melakukan lompat kangkang melewati teman
~ Siswa dapat melakukan lompat jongkok
melewati rintangan
~ Siswa dapat melakukan Guling depa
~ Siswa dapat melakukan Guling belakang
~
Siswa dapat melakukan sikap kayang
B. Materi
Pembelajaran
~ Senam lantai dengan alat
~ Siswa melakukan lompat kangkang melewati
teman
~ Siswa melakukan lompat jongkok melewati
rintangan
~ Siswa melakukan Guling depan
~ Siswa melakukan Guling belakang
~ Siswa melakukan sikap kayang
C. Medode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi
dan penugasan
Inti :
1. Lompat kangkang melewati teman
2. Lompat jongkok melewati rintangan
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
Pertemuan
II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
3. Guling lenting
4. Kayang
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi
Guru, Penerbit Erlangga hal 28 - 30
F. Penilaian
1.
Tes unjuk Kerja ( Psikomotor )
a.
Lakukan lompat kangkang melewati teman
2. Lakukan lompat jongkok melewati
rintangan peti lompat
3. Lakukan sikap kayang
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA LANTAI DENGAN ALAT
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
||
1
|
2
|
3
|
|
1.
Lakukan lompat kangkang melewati teman
|
|
|
|
2.
Melakukan lompat jongkok melewati
rintangan peti lompat
|
|
|
|
3.
Lakukan sikap kayang
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Pejasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Kompetensi
Dasar : 4 Mempraktikan gerak
ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilaia yang
terkandung di dalamnya
Standar
Kompetensi : 4.1 Mempraktikan gerak
ritmik diorientasikan pada arah, ruang dan waktu menggunakan musik serta nilai
estetika
Indikator : 1. Gerakan langkah tunggal
2. Gerakan langkah empat ke depan dan ke
belakang
3. Gerakan langkah empat ke samping
4. Gerakan langkah kuda I
5. Gerakan langkah kuda II
Alokasi
waktu : 12 X 35 menit (
3 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan langkah
tunggal
b. Siswa dapat melakukan gerakan langkah
empat ke depan dan ke belakang
c. Siswa dapat melakukan gerakan langkah
empat ke samping
d. Siswa dapat melakukan gerakan langkah
kuda I
e. Siswa dapat melakukan gerakan langkah
kuda II
B. Materi
Pembelajaran
~ Senam Ritmik I
1. Gerakan langkah tunggal
2. Gerakan langkah empat ke depan dan
ke belakang
3. Gerakan langkah empat ke samping
4. Gerakan langkah kuda I
5. Gerakan langkah kuda II
C.
Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
1. Gerakan langkah tunggal
2. Gerakan langkah empat ke depan dan ke
belakang
3.
Gerakan langkah empat ke samping
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
Pertemuan
II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
Mengulang materi :
1.
Gerakan langkah tunggal
2. Gerakan langkah empat ke depan dan ke
belakang
3. Gerakan langkah empat ke samping
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
3.
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
d. Siswa dapat melakukan gerakan
langkah kuda I
e. Siswa dapat melakukan gerakan langkah kuda
II
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
bero`a dan bubar.
4. Pertemuan IV
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan pemanasan
Inti :
Penilaian :
d. Siswa dapat melakukan gerakan
langkah kuda I
e. Siswa dapat melakukan gerakan langkah
kuda II
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru,
Penerbit Erlangga hal : 31 - 33
F. Penilaian
1.
Tes pratik / unjuk Kerja ( Psikomotor )
a. Lakukan gerakan langkah kuda I
b. Lakukan gerakan langkah kuda II
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SEPAK
BOLA
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
|
1
|
2
|
|
1.
Lakukan gerakan langkah kuda I
|
|
|
2.
Lakukan gerakan langkah kuda II
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Kompetensi
Dasar : 4 Mempraktikan gerak ritmik
tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilaia yang
terkandung di dalamnya
Standar
Kompetensi : 4.2 Mempraktikan
ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai estetik
Indikator : Mengayun ke dua lengan ke samping dengan
gerakan
1. Latihan gerakan 1
2. Lalihan gerakan 2
3. Latihan gerakan 3
Alokasi Waktu :
3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat melakukan ke dua lengan ke sampin dengan :
a. Gerakan latihan 1
b. Gerakan latihan 2
c. Gerakan latihan 3
B. Materi
Pembelajaran
- Senam Ritmik II
Mengayun ke dua lengan ke samping dengan
gerakan
a. Latihan 1
b. Lalihan 2
c. Latihan 3
C. Medode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Penugasan
~ Latihan
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi,
apersepsi dan penugasan
Inti :
Mengayun ke dua lengan ke
samping dengan gerakan
1. Latihan gerakan 1
2. Lalihan gerakan 2
3. Latihan gerakan 3
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, tanya jawab,
berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku
KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal 38 – 40
F. Penilaian
1.
Tes Pengamatan ( Psikomotor )
a. Lakukan latihan gerakan 1
b. Lakukan lalihan gerakan
2
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK
RITMIK TERSETRUKTUR
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak
|
||||
1
|
2
|
|
|
|
|
1.
Lakukan latihan gerakan 1
|
|
|
|
|
|
2. Lakukan
lalihan gerakan 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar
Kompetensi : 5 Menerapkan Budaya Hidup Sehat
Kompetensi
Dasar : 5.1 Menjaga Kebersihan rumah dan Sekolah
Indikator : a. Lingkungan dan Kesehatan
b. Kebersihan rumah
c. Kebersihan sekolah
Alokasi
aktu : 6 X 35 menit ( 2 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan dan kebersihan
b. Siswa dapat menyebutkan syarat-syarat
rumah sehat
c.. Siwa dapat menjelaskan tanggungjawab
kebersihan sekolah
B. Materi
Pembelajaran
Kebersihan Lingkungan
1. Lingkungan dan Kesehatan
2. Kebersihan rumah
3. Kebersihan sekolah
C. Medode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Duduk, berdo`a, presensi, apersepsi dan penugasan
Inti
:
a. Lingkungan dan Kesehatan
b. Kebersihan rumah
Penutup
~ Evaluasi proses pembelajaran, tanya
jawab, tugas-tugas bero`a dan bubar.
Pertemuan
II
Pendahuluan
~ Duduk,berdo`a, presensi, apersepsi
dan penugasan
Inti :
c. Rumah yang tidak memenuhi syarat
Kesehatan
d. Kebersihan Lingkungan Sekolah
Penutup
~ Evaluasi proses pembelajaran, tanya
jawab, tugas-tugas berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi
Guru, Penerbit Erlangga hal : 41 - 43
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian
~ Tes Teori
1. Jelaskan tentang apa itu kebersihan
lingkungan rumah !
2. Sebutkan
syarat-syarat rumah sehat !
3. Sebutkan rumah yanng tidak memenuhi syarat
kesehatan !
4. Jelaskan pentingnya kebersihan
Lingkungan
2.
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA MENERAPKAN
BUDAYA HIDUP SEHAT
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak/ Pengetahuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Jelaskan tentang apa itu kebersihan lingkungan rumah !
|
|
|
|
|
2. Sebutkan syarat-syarat rumah sehat !
|
|
|
|
|
3. Sebutkan rumah yanng tidak memenuhi syarat
kesehatan !
|
|
|
|
|
4.
Jelaskan pentingnya kebersihan Lingkungan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( ) ( )
Nip. Nip.
R
P P
RENACANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas
/ Semester : IV / I
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar
Kompetensi : 5 Menerapkan Budaya Hidup Sehat
Kompetensi
Dasar : 5.2 Membiasakan Membuang Sampah pada
Tempatnya
Indikator : a. Pengerian sampah
b. Permasalahan sampah
c. Tata cara pemusnahan Sampah
Alokasi
aktu : 3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
~
Siswa dapat menjelaskan pengerian sampah
~ Siswa dapat mengetahui permasalahan sampah
~ Siswa dapat mengetahui tata cara pemusnahan sampah
B. Materi Pembelajaran
Penanganan Sampah :
1.
Bahaya sampah
2. Tempat pembuangan sampah
3. Cara membuang sampah
C. Medode
Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D.
Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Duduk, berdo`a, tanya jawab,presensi, apersepsi dan
penugasan
Inti :
1. Bahaya sampah
2. Tempat pembuangan sampah
3. Cara membuang sampah
Penutup
~ Evaluasi proses pembelajaran, tanya
jawab, tugas-tugas berdo`a dan bubar.
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi
Guru, Penerbit Erlangga hal : 50 - 52
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian
~ Tes Teori
1. Jelaskan apa itu pengerian sampah
2
Sebutkan permasalahan akibat sampah
3. Sebutkan bagai tata cara pemusnahan sampah
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA MENERAPKAN
BUDAYA HIDUP SEHAT
ASPEK YANG DINILAI
|
Kualitas gerak / Pengetahuan
|
|||
2
|
3
|
4
|
|
|
a.
Jelaskan apa itu pengertian sampah
|
|
|
|
|
b Sebutkan permasalahan akibat sampah
|
|
|
|
|
c.
Sebutkan bagai tata cara pemusnahan sampah
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
JUMLAH
SCOR MAXSIMUM :
|
................................................
Mengetahui Guru Penjasorkes
Kepala Sekolah ..........................
( )
( )
Nip.
Nip.
Sumber : Tim Erlangga
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment