PENTINGNYA INFORMASI DALAM BERWIRA USAHA

Bookmark and Share


Penyuluh Perikanan._ Dalam menjalankan Wira Usaha khususnya dibidang perikanan, Informasi sangat memegang peranan penting, karena dengan informasi yang kita miliki dapat membantu untuk mengambil keputusan yang tepat.
Dengan Informasi yang jelas seorang WiraUsaha yang sudah memiliki kemampuan dan sifat Dasar akan semakin mudah dalam memecahkanpermasalahan,  kemudian dengan memahami rahasia kunci sukses dalam berwira usaha akan semakin mudah untuk mengambilkeputusan.
Informasi yang dibutuhkan oleh Seorang Wirausaha juga harus  informasi bisnis yang lengkap dan akurat. Di samping harus lengkap, sumber-sumber informasi itu juga harus dapat dipercaya.
Apabila sumber-sumber informasi itu datanya kurang lengkap, maka di dalam pengambilan keputusan dan kesimpulan, serta saran-saran yang akan dikemukakan kemungkinan kurang sempurna. Dalam dunia bisnis dan teknologi, formasi-informasi merupakan landasan untuk mengamati bentuk danusaha atau bisnis pada masa mendatang.
Menurut Dr. Alfred Osborne, Jr, Direktur Pusat Studi KeWirausahaan, di Universitas California, menegaskan bahwa informasi dan kebutuhan untuk menggunakan sumber-sumber informasi dapat menciptakan peluang bisnis yang amat banyak. Mengapa demikian??? Karena Kunci sukses keberhasilanberwirausaha, terletak dalam memperoleh dan mengelola informasi dan bukan terletak pada banyaknya informasi.

Informasi Penting yang diperlukan.
Pada era globalisasi, separuh dari pekerja-pekerja di bidang jasa, akan bergerak dalam kegiatan mengumpulkan, menganalisis, menyimpan, dan menjual informasi-informasi bisnis.
Adapun beberapa macam informasi  penting yang diperlukan di antaranya sebagai berikut.
1)  Informasi kuantitatif ; Informasi kuantitatif berisi masukan nilai yang dapat dihitung, seperti masalah berat, jumlah, tekanan, temperatur, dan sebagainya.
2) Informasi kualitatif ;Informasi kualitatif berisi masukan nilai yang dapat dirasa, seperti perubahan produk, mutu produk, kecepatan, panas, dingin, dan sebagainya.
3)  Informasi kontrol; Informasi kontrol, misalnya pemerian petunjuk: apakah suatu perubahan variabel produk, model, atau desain, dapat berjalan normal atau tidak.
4)      Informasi simbol.  
Pada Informasi Tombol, Sumber-sumber informasi yang dapat dipercaya , yaitu bentuk informasi yang bersifat menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sumber  informasi ini beris jumlah data dan fakta yang berhubungan dengan kebijakan produk dan pemasarannya. Kebutuhan terhadap sumber-sumber informasi berhubungan dengan pemasaran produk. Kegiatan produk memerlukan informasi tentang apa yang akan diproduksi, bagaimana sifat dan persyaratannya, bagaimana mutunya, dan berapa jumlah produk yang harus diproduksi. Pada Sistem pemasaran informasi menentukan bagaimana kecenderungan pasar dan konsumen. Sementara Sebaliknya, sistem produksi akan memberikan informasi kepada bagian pemasaran, tentang apa yang akan dilakukan untuk disampaikan ke pasaran.  
Oleh karena itu, sebaiknya bagi para Wirausaha yang memanfaatkan informasi harus dapat mengumpulkan, mengatur, mengolah, menyampaikan, dan menggunakan informasiinformasi tersebut.

2. Informasi yang diperlukan dalam keputusan Informasi adalah keberhasilan pengambilan keputusan.
Semakin rumit bisnis, maka sistem informasi itu semakin diperlukan oleh seorang irausaha. Kecepatan memperoleh dan menerima akses informasi sangat dibutuhkan oleh para wirausaha. Akan tetapi, bagaimana bentuk informasi yang dibutuhkan para Wirausaha ? Informasi- nformasi yang dibutuhkan oleh para Wirausaha adalah sebagai berikut.
a.   Informasi atas orang, termasuk juga informasi pokok yang dituntut: gaji/upah dan jamainan keselamatan kerja dan hidup.
b.   Informasi atas keseluruhan investasi dan investasi per devisi: pandangan masa depan bisnis, kekayaan/utang, keberlanjutan bisnis.
c.   Informasi dalam operasi sehari-hari: penerimaan kas, pembayaranpembayaran dalam usaha, neraca rugi dan laba sebenarnya, struktur modal.
d.  Fakta dan data untuk pendukung bisnis dan cara yang memungkinkan.  Dalam Kegiatan Wirausaha mengambil keputusan mengenai perluasan usaha: pesaing, konstruksi, pabrik, produk, gudang, pemasaran, dan sebagainya.

Pencarian informasi memerlukan pengamatan yang cermat dan teliti terutama berkaitan dengan hal-hal berikut.
a.       Pesaing,
b.      Seluk-beluk pemasaran.
c.       Seluk-beluk manajemen yang diperlukan.
d.      Perkembangan Arsitektur dan sipil
e.      Pengelolaan dan pengendalian keuangan
f.        Pengalaman dan penelitian usaha.
g.       Sumber dan data yang dapat dipercaya.
h.      Manajemen survai pemetaan.
i.         Perkembangan pariwisata
j.        Perkembangan paket-paket wisata
k.       Administrasi dan pembukuan.
l.         Perawatan peralatan produksi.
m.    Perkembangan teknologi
n.      Akuntansi dan auditing.
o.      Studi kelayakan.
p.      Informasi harga, promosi, dan distribusi.

Adapun urutan prioritas tindakan dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  1. Mencari informasi yang dibutuhkan dan diinginkan wirausaha, tetapi tersedia.
  2. Mencari informasi tidak dibutuhkan dan tidak diinginkan wirausaha, tetapi tidak tersedia.
  3. Mencari informasi yang dibutuhkan dan diinginkan wirausaha, tetapi belum tersedia.
  4. Mencari informasi yang dibutuhkan, tetapi tak dikehendaki dan belum tersedia.
  5. Mencari informasi yang dibutuhkan dan tersedia walaupun tak dikehendaki.
Sumber-sumber informasi yang dibutuhkanpara Wirausaha, antara lain meliputi informasi mengenai konsumen, permintaan dan penawaran, pesaingan, advertensi, produk saingan, pengembangan produk, desain, dan prilaku konsumen.
Sumber-sumber bisnis yang dikumpulkan dan diperlukan, persyaratannya yaitu: Data-datanya yang dipercaya; Data-datanya harus lengkap; Data-datanya masih berlaku; Data-datanya dapat dipergunakan. Mencari dan mengumpulkan informasi relatif mudah apabila para Wirausaha cerdas, cekatan, terampil, berpengalaman, dan pandai berkomunikasi dan tidak mudah putus asa serta cepat tidak puas diri.
Kelancaran di dalam berkomunikasi ditentukan oleh keterampilan pada ketepatan cara mengekspresikan diri.
Kunci keberhasilan berwirausaha, terletak dalam memperoleh dan mengelola informasi dan bukan terletak pada banyaknya informasi. Keberhasilan wirausaha yang berhubungan dengan informasi dalam bisnisnya, diantaranya: Harapan masa depan bisnis, Sistem nilai para Wirausaha, Pengalaman Wirausaha dalam bisnis, Kekuatan dan kelemahan bisnis, Sikap dan perilaku konsumen, Daya beli konsumen, Motivasikonsumen, Realitas bisnis, Peluang bisnis, Hambatan dan rintangan bisnis, Pesaing, Pelayanan, Risiko kebutuhan konsumen, Perubahan selera konsumen, Kebijakan pemerintahan.

Jadi kesimpulannya bahwa dalam menjalankan wira usaha Informasi dinilai sangat penting, dan untuk mencapai keberhasilan  diperlukan keahlian  dalam mengelola informasi dan bukan terletak pada banyaknya informasi.

Sampai disini dulu, semoga bisa menambah wawasan, khususnya bagi  anda yang sedanga menjalani aktifitasnya sebagai wira usahawan.
Demikian semoga bermanfaat
wassalam......

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar