RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi
Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan
Minggu ke- 1 sampai 3 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan
keragaman suku
bangsa di lingkungan
kebupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan
kenampakan alam di
lingkungankabupaten/
kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial
budaya
III. lndikator : ● Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat
kenampakan alam
● Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota
provinsi tempat tinggalnya
● Menjelaskan
keanekaragaman sosial di daerahnya
● Menjelaskan
keanekaragaman budaya di daerahnya
● Menunjukkan
tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
● Menunjukkan tempat
budaya di daerahnya
IV. Materi Pokok
Kenampakan alam
dan keragaman sosial budaya
V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1-3)
Pertemuan 1
1.
Kegiatan awal
Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan
alam lainnya yang ada di
daerahnya
2.
Kegiatan inti
- Menjelaskan
macam-macam kenampakan alam
- Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di
kabupaten/kota dan provinsi setempat
- Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang
ada di daerahnya
3.
Kegiatan akhir
Siswa membuat rangkuman materi
Pertemuan 2
1. Kegiatan
awal
Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
2. Kegiatan
inti
- MenjeIaskan
keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya
- Menjelaskan
keanekaragaman budaya di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Siswa merangkum materi pelajaran
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
2. Kegiatan inti
- Mengamati peta tempat suku bangsa dan
budaya di daerahnya
- Menunjukkan tempat suku bangsa di
daerahnya
-
Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga :
Gambar kenampakan/pemandangan alam
Gambar
pakaian adat
Gambar
rumah adat
Gambar gunung meletus
Gambar bencana alam banjir
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 11
- 28
Buku pendamping yang relevan
VII.
Penilaian
Tes dan Nontes
Tes
Dalam tes ini disajikan tes tulis dalam
bentuk isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
benar!
1. Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
2. Pabrik termasuk kenampakan alam ....
3. Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ....
4. Suku Sakai terdapat di Provinsi
....
5. Rumah gadang terdapat di daerah
....
Kunci Jawaban :
1.
Kenampakan Alam alami dan Buatan
2.
Buatan
3.
Alami
4.
Riau
5.
Sumatera Barat
Nontes
Disajikan dalam bentuk
1. Performance/kinerja : Siswa satu persatu maju untuk
menunjukkan gunung,
sungai
danau, selat, tanjung, teluk pada peta di provinsi
tempat
tinggalnya
2. Produk/hasil : Menggambar rumah adat
3. Penugasan : Mengerjakan latihan evaluasi/PR
Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan
penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kasikan,
.................. 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Guru
Kelas IV
................................. ........................................
NIP.
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment