RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  :    IV/I
Alokasi
Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan
Minggu ke-  1 sampai 3 (3 minggu)
I.       Standar Kompetensi :   Memahami sejarah, kenampakan alam dan
keragaman                                          suku
bangsa di lingkungan
kebupaten/kota dan provinsi
II.    Kompetensi Dasar     :     Mendeskripsikan
kenampakan alam di
                                                                         lingkungankabupaten/
kota dan provinsi serta                                              hubungannya dengan keragaman sosial
budaya                          
III. lndikator                     :   ● Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat
kenampakan                                             alam
● Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di     kabupaten/kota
provinsi tempat tinggalnya
                     ● Menjelaskan
keanekaragaman sosial di daerahnya
                     ● Menjelaskan
keanekaragaman budaya di daerahnya
                     ● Menunjukkan
tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
                     ● Menunjukkan tempat
budaya di daerahnya
IV. Materi Pokok
Kenampakan alam
dan keragaman sosial budaya
V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1-3)
Pertemuan 1
1.        
Kegiatan awal
Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta             kenampakan
alam lainnya yang ada di
daerahnya
2.        
Kegiatan inti
-      Menjelaskan
macam-macam kenampakan alam
-      Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di
kabupaten/kota dan provinsi setempat
-      Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang
ada di daerahnya
3.        
Kegiatan akhir
Siswa membuat rangkuman materi
Pertemuan 2
1.    Kegiatan
awal
Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
2.    Kegiatan
inti 
-      MenjeIaskan
keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya
-      Menjelaskan
keanekaragaman budaya di daerahnya
3.    Kegiatan akhir
Siswa merangkum materi pelajaran
    
Pertemuan 3
    
1.    Kegiatan awal
           
Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
    
2.    Kegiatan inti
            -     Mengamati peta tempat suku bangsa dan
budaya di daerahnya
            -     Menunjukkan tempat suku bangsa di
daerahnya
            -    
Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
    
3.    Kegiatan akhir
           
Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
VI. Alat dan Sumber Bahan
1.  Alat Peraga              :
Gambar kenampakan/pemandangan alam
                                   Gambar
pakaian adat
                                    Gambar
rumah adat
Gambar gunung meletus
Gambar bencana alam banjir
2.  Sumber                     :  Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 11
- 28
                                              Buku pendamping yang relevan
VII.         
Penilaian
Tes dan Nontes
Tes 
Dalam tes ini disajikan tes tulis dalam
bentuk isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
benar!
1. Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
2. Pabrik termasuk kenampakan alam ....
3. Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ....
4. Suku Sakai terdapat di Provinsi
....
5. Rumah gadang terdapat di daerah
....
Kunci Jawaban :
1.     
Kenampakan Alam alami dan Buatan
2.     
Buatan
3.     
Alami
4.     
Riau
5.     
Sumatera Barat
Nontes
Disajikan dalam bentuk
1. Performance/kinerja       : Siswa satu persatu maju untuk
menunjukkan gunung,
                                             sungai
danau, selat, tanjung, teluk pada peta di provinsi
                                             tempat
tinggalnya
2. Produk/hasil                   : Menggambar rumah adat 
3. Penugasan                      : Mengerjakan latihan evaluasi/PR
Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan
penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
                                                                                   Kasikan,
.................. 2010 
   Mengetahui
Kepala Sekolah,                               
                              Guru
Kelas IV
.................................                                                ........................................                                                   
       
NIP.                                        
 
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment