Seri Guru: Kelengkapan Perangkat Mengajar

Bookmark and Share
Sapa bilang tugas guru itu mudah??!
Profesi guru, mempunyai tugas yang tidaklah mudah. Menjadi guru ideal, sangat menyita waktu loh. Bayangkan saja, guru (terutama yang sudah mendapat sertifikasi) harus mendapat beban mengajar 24 jam dalam 1 minggu. Misalkan saja guru tersebut dalam 1 kali pertemuan mendapat jatah 2 jam. Maka untuk mencapai standard harus mengajar 12 kelas. Anggap saja 1 kelas berisi 30 anak. Berarti dia harus mengajar dan mendidik sebanyak 12×30=360 siswa.
Yup… 360 siswa yang harus dia ajar.
Ini masih dari jumlah jam dan siswa yang diajar loh.
Selanjutnya, guru ideal harus membuat perangkat mengajar. Setidaknya per semester. Perangkat mengajar terdiri dari apa saja?! Secara garis besar, Perangkat mengajar terdiri dari:
  1. JADWAL PELAJARAN
  2. KALENDER PENDIDIKAN
  3. RPE
  4. PROTA
  5. PROMES
  6. SILABUS
  7. RPP
  8. ANALISIS HASIL EVALUASI
  9. HASIL ANALISA
  10. REMIDI DAN PENGAYAAN
  11. DAFTAR HADIR SISWA
  12. DAFTAR NILAI SISWA
  13. JURNAL MENGAJAR
  14. KARTU SOAL
  15. KISI-KISI SOAL
  16. LAMPIRKAN SOAL ULANGAN HARIAN, SOAL UTS , SOAL UJIAN SEMESTER
  17. Lampirkan Kisi-kisi soal dan kartu soal
Yup! setidaknya ada 17 item yang perlu dipersiapkan. ke-17 item ini bisa dibagi menjadi tiga jenis yaitu pra mengajar, ketika mengajar dan setelah mengajar/evaluasi.
Nah, selanjutnya kang_ulid akan mencoba memaparkan satu persatu secara berseri. Tentunya sesuai dengan apa yang kang_ulid ketahui donk! Dan sangat mengharapkan masukan dari teman-teman se-profesi. Agar kita bisa bersama-sama menjadi guru ideal.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment